Warga Sumberjo Diserang Tawon Ndas, Dirujuk Rumah Sakit

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Warga Desa Sumber Kecamatan Rembang, Minggu sore (1/12/2019) diserang segerombolan tawon ndas yang bersarang di lahan dekat sawah wilayah RT 6 RW 3.. Akibatnya pria Lansia tersebut harus mendapatkan perawatan ke Puskesmas

Kepala Desa setempat Yopi Arifyanto mengatakan, korban bernama Jito (40). Peristiwa tersebut berawal dari sejumlah anak kecil yang melempari sarang tawon tersebut dengan batu. Hal tersebut nampaknya membuat kawanan tawon marah yang justru menyerang Jito.

DETIK-DETIK RUNTUHNYA KUBAH MASJID JAMI’DESA KARANGASEM KECAMATAN SEDAN

“Sekujur tubuh mas bukan hanya satu sengatan tok. Meskipun sudah gulung-gulung (tiarap) masih di sengat juga,” kata Yopi.

Anggota regu pamadam kebakaran Satpol PP Rembang Sarpani mengatakan, berdasarkan catatan, selama bulan November 2019, ada tiga keluhan warga soal serangan tawon ndas.

Seperti Desa Ngotet Kecamatan Rembang, Gedungmulyo Kecamatan Lasem. Bahkan sarang tawon itu juga menempati sebuah depo bahan bangunan di jalan pemuda Rembang. Hingga pemilik depo, dan seluruh karyawan dibuat panik.

Rata-rata para korban disengat dibagian kepala. Tak hanya orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak merasakan sengatan tawon liar tersebut.

Keluhan maraknya sarang tawon ndas mulai mendekati permukiman penduduk lantaran banyaknya alih fungsi lahan.

Karena itu, sarang tawon sekarang sering dijumpai di pohon-pohon dekat pemukiman penduduk, bahkan sudah masuk ke dalam rumah memanfaatkan ruang di dalam plafon, dan belakang rumah warga.

Bahaya sengatan tawon ndas bagi tubuh manusia racunnya dapat menyebabkan gatal-gatal, meriang, dan bahkan dapat menyebabkan meninggal dunia jika segera tak tertangani. (Asmui /Mifta)