Wagub Taj Yasin : Pengelolaan Tempat Wisata Jauh Dari Ego Sektoral

oleh -

KALIORI – cbfmrembang.com, cbfmrembang.com, Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Taj Yasin Maemun atau yang biasa disapa Gus Yasin ingin mengangkat perekonomian warga di Kabupaten Rembang melalui potensi pariwisata. Pasalnya, perputaran ekonomi masyarakat yang bisa menghasilkan income melalui menggarappotensi pariwisata.

Gus Yasin mengatakan kabupaten Rembang yang dulu masuk kategori daerah tertinggal di Jawa Tengah kini menjadi kabupaten yang mngalami kemajuan cukup pesat. Salah satu nya disebabkan munculnya destinasi wisata-wisata baru sekarang kabupaten Rembang mulai tidak tertinggal.

DETIK-DETIK RUNTUHNYA KUBAH MASJID JAMI’DESA KARANGASEM KECAMATAN SEDAN

“Alhamdulillah di beberapa daerah, di beberapa kecamatan sudah mulai muncul destinasi wisata-wisata yang masih skala tetangga kabupaten. Akan tetapi potensi untuk dikembangkan ini memiliki potensi yang kuat. Di Kabupaten Rembang yang notabenenya dulu, kabupaten tertinggal di provinsi Jawa Tengah. Akan tetapi akhir-akhir tahun ini sudah merangkak mulai naik. Tinggal beberapa langkah lagi untuk keluar dari garis merah.” Imbuhnya.

Gus Yasin mengharapkan agar pengelolaan pariwisata tidak menghunakan ego sektoral dimana dalam mempromosikan lokasi wisata tidak hanya satu persatu melainkan terintegrasi beberapa tempat wisata. Sehingga majunya bersama-sama.

“Di Kaliori bisa dikembangkan wisata pantainya. Nanti bisa komunikasi antarpegiat pariwisata. Mangke saged dibikin roadmap pariwisata di kabupaten Rembang. Mulai dari destinasi Pasar Mbrumbung, pantai di Kaliori, mangke ngetan malih teng Pantai Kartini ditarik ke timur lagi atau ditarik ke selatan wonten Makam Raden Ajeng Kartini terus digeliatkan. Sehingga nanti dikemas secara utuh. Tidak satu persatu. Tidak ego sektorial.”Bebernya.

Selain itu Ia menghimbau agar pelaku usaha dapat mempercantik kemasan jajanan khas oleh-oleh sehingga bisa menarik pengunjung untuk membeli. Sehingga menambah pendapatan. Untuk pelatihan cara packing, pemerintah Kabupaten Rembang juga sering mengadakan pelatihan dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga telah siap membantu.( Masudi / Mifta )