Wadahi Bakat Sepak Bola, Dindikpora Dirikan Puslat

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olagraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang mendirikan Pemusatan Latihan (Puslat) bagi para pemuda pecinta olahraga sepak bola.

Pemusatan latihan tersebut nantinya akan menampung bakat sepak bola usia 17 tahun ke atas. Bertempat di stadion Krida Rembang.

Program tersebut dirintis Dindikpora sebagai wadah potensi olahraga tersebut yang relatif besar. Karena banyak tergabung dalam sekolah sepak bola (SSB) mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA, terdiri dari 42 SSB.

Kepala Seksi Keolahragaan pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rembang, Haryanto mengatakan, dibentuknya Puslat lantaran belum adanya wadah bagi pesepak bola usia 17 tahun ke atas untuk latihan.

“Di Rembang baru ada SSB yang menampung usia SD, SMP dan SMA saja, setelah itu belum ada, jadi kita dirikan Puslat,” beber Haryanto.

Calon peserta didik Puslat harus mengikuti seleksi, dan tidak ada pungutan biaya alias gratis. Haryanto menimpali, mereka yang terpilih akan mendapatkan sekedar uang transport setiap latihan.

“Untuk latihan kemungkinan bisa tiga kali seminggunya. Nanti kemungkinan akan kita ambil 24 pemain dalam seleksi tapi yang kita “openi”18 saja. Kalau nantinya mereka di Puslat tiba-tiba ada klub yang menghendaki atau PSIR nanti membutuhkan sendiri ya akan kita bantu pengurusannya. Sangat kita persilahkan,” kata Haryanto.

Haryanto membeberkan, seleksi akan digelar selama dua hari, 24 dan 25 Januari 2020 di stadion Krida Rembang. Pendidikan di Puslat akan melibatkan para pelatih bersertifikat, yang pernah menjadi legenda sepak bola Kabupaten Rembang, seperti Hadi Surento dan kawan-kawan.

Kurang lebih selama 3 sampai 4 tahun mereka akan menjalani pembinaan di Puslat, atau setelah mereka semua mumpuni untuk menjadi pemain sepak bola profesional. (Asmui / Mifta)