UNDIP Sudah Bekerjasama Dengan Dunia Industri, Siswa Jangan Khawatir

oleh -

SULANG – cbfmrembang.com, Sebelum menentukan jurusan yang akan diambil para siswa setelah lulus SMA di jenjang perguruan tinggi, tentu yang terpikir di benak mereka adalah mengambil jurusan yang nantinya memiliki peluang kerja besar. Bagaimanapun juga, jenjang perkuliahan akan menjadi persiapan untuk bekerja dan meniti karir di masa yang akan datang.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Rembang H. Abdul Hafidz saat dalam acara Hallo Bupati di SMA N 1 Sulang, Jum’at 14 Februari 2020.

Oleh karena itu, siswa tidak boleh sampai salah memilih jurusan yang justru akan membuat rasa sesal di kemudian hari. Untuk itu, penting memilih jurusan kuliah yang tepat, di mana merasa yakin dan mantap akan menjadi bekal masa depan.

Bupati mengungkapkan, secara nasional perguruan tinggi di Indonesia sudah diarahkan oleh pemerintah pusat untuk mewajibkan terjalinnya kerjasama dengan dunia industri. Sehingga para mahasiswa yang lulus nantinya bisa langsung masuk ke dunia kerja tanpa harus menganggur.

Termasuk salah satu perguruan tinggi yang dimaksud yaitu Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang. Menurutnya, Undip merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik se-Indonesia yang menyalurkan para lulusannya ke Dinas Instansi maupun ke swasta.

“Jadi secara nasional perguruan tinggi di Indonesia sudah diarahkan oleh Bapak Presiden, pokoknya perguruan tinggi harus bekerjasama dengan industri. Sehingga anak-anak ini keluar sudah ada arah kemana anak ini mau bekerja. Termasuk UNdip yang mengirimkan alumninya ke Dinas Instansi maupun swasta sebanyak 80 persen dikuasai oleh lulusan dari UNDIP,” bebernya.

Bupati menambahkan, ada banyak jurusan kuliah yang bisa dijadikan pilihan untuk mengenyam pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Untuk itu kenali dengan baik jurusan yang telah dipilih agar dapat menjanjikan masa depan yang cerah. ( Rendi/Mifta )