Tumpeng Setinggi Satu Meter Sebagai Perlambang Kabupaten Rembang Kedepan

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Bupati Rembang H Abdul Hafidz Jum’at malam Sabtu (26/7/2019) selesai menggelar kirab 14 Pusaka milik peninggalan Kadipaten Rembang, dan pada malam tirakatan di kompleks Pendapa Museum Kartini Rembang. Dalam kesempatan itu orang nomor satu di Rembang itu melakukan pemotongan tumpeng pada malah hari jadi Kabupaten Rembang yang jatuh pada hari ini 27 Juli.

Bupati Rembang memotong tumpeng Setinggi satu meter lebih, setelah selesai diarak. Potongan tumpeng tersebut selanjutnya diberikan kepada perwakilan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang yang saat itu diwakili oleh Gunasih.

Detik-Detik Gudang Rosok di Desa Tuyuhan Kecamatan Pancur Terbakar

Pemberian potongan tumpeng tersebut melambangkan sosok pemimpin yang siap memberikan kemakmuran kepada rakyatnya.

Sedangkan gunungan setinggi satu meter tersebut melambangkan tingginya cita-cita seorang pemimpin untuk memimpin, dan memajukan daerahnya.

“Ini prosesi potong tumpeng dipotong oleh Bupati Rembang, dan diberikan kepada anggota DPRD Rembang yang melambangkan sebagai wakil rakyat,” kata Bupati Rembang.

Selain itu, selama prosesi kirab berlangsung ada ritual pembagian koin dan beras kuning yang melambangkan harapan rasa syukur Kabupaten Rembang untuk cara bersedekah.

Setelah semuanya rampung, dilanjutkan malam tirakatan yang dilakukan di pendapa Kompleks Museum Kartini Rembang.

Pada malam tirakatan diisi dengan tahlil, dan Do’a bersama. Dalam kesempatan itu, Bupati Rembang dan Wakil Bupati Rembang, Sekda, dan jajaran OPD mengenakan busana adat Jawa, untuk mendoakan para pahlawan dan Bupati Rembang terdahulu.

Dalam kesempatan itu juga istri Bupati Rembang Hj Hasiroh Hafidz, Istri Wakil Bupati Rembang Vivit Bayu Andriyanto, istri Sekda, dan jajaran OPD juga hadir mengikuti kirab yang penuh dengan kesakralan itu. ( Asmui / Mifta )