Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Kabupaten Rembang resmi dikukuhkan

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Kabupaten Rembang yang teridi atas unsur Perbankan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN dan Universitas resmi dikukuhkan oleh Bupati Rembang yang diwakili Sekretaris Daerah Drs. Subakti pada kegiatan Pengukuhan TPKAD dan Workshop Gerakan Indonesia Menabung Senin 11 November 2019 di salah satu hotel ternama di Rembang.

Pengukuhan TPKAD dan Workshop Gerakan Indonesia Menabung yang dihadiri p;eh ratusan pelajar SMP ini bertujuan sebagai pernyataan komitmen anggota TPKAD untuk melaksanakan program kerja yang sudah disepakati dan sebagai upaya untuk mendorong budaya menabung dan memperluas akses keuangan khususnya bagi pelajar serta merupakan pelaksanaan wujud pelaksaan program bagi pelajar.

DETIK-DETIK RUNTUHNYA KUBAH MASJID JAMI’DESA KARANGASEM KECAMATAN SEDAN

Menurut Asisten II Abdullah Zawawi kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kebijakan fungsi anggota TPKAD Kabupaten Rembang dalam mendorong akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat, untuk menggalang komitmen TPKAD dalam mensukseskan target kinerja literasi dan inklusi keuangan di daerah, untuk meningkatkan motivasi perorangan dan tanggung jawab TPKAD dalam melaksanakan program kerja, untuk mempermudah akses bagi pelajar dalam membuka rekening tabungan.

Hasil yang diharapkan dalam kegiatan ini yaitu komitmen TPKAD mensukseskan target kerja literasi dan inklusi di Kabupaten Rembang, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dini pelajar akan pentingnya pengelolaan uang dengan cara menabung sejak dini, kepemilikan rekening tabungan bagi pelajar SMP / MTS pada lembaga perbankan di Kabupaten Rembang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Drs. Subakti mengatakan bahwa hal ini merupakan kebijakan pusat dimana di masing-masing daerah harus membentuk TPKAD dalam hal ini merupakan kebijakan pemerintah pusat yang harus ditindak lanjuti dimasing-masing Kabupaten / Kota se-Indonesia.

Ia menegaskan tentunya hal ini tidak bisa dihindari karena TPKAD ini eksistensinya sangat penting dalam membantu kebijakan-kebijakan program bidang keuangan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupaten / Kota se-Indonesia yang ternyata TPKAD ini sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati.

“TPKAD ini sangat sejalan dengan visi Bupati dan Wakil Bupati adalah meningkatkan kegiatan perekonomian daerah, yang tentunya hal ini tidak bisa lepas dari kegiatan pertumbuhan ekonominya maupun pemberdayaan ekonominya. Sehingga banyak kegiatan yang menjadi prioritas di Kabupaten Rembang ini terkait visi Bupati, “ paparnya.

Setelah pengukuhan dilanjutkan dengan penandatangan nota kesepahaman atau kerja sama antara Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, Kementrian Agama, dan Koordinator Perbankan di Kabupaten Rembang mengenai Gerakan Indonesia Menabung. ( Ki Dwi / Mifta )