Tempat Penggilingan Gula Tebu di Pamotan Terbakar

oleh -
Saat warga bersama relawan musibah bencana kebakaran

PAMOTAN – cbfmrembang.com, Sebuah pabrik penggilingan gula tebu yang berlokasi di Desa Mlawat, Kecamatan Pamotan, terbakar Minggu siang (15/12/2019) sekitar pukul 11.40 waktu setempat.

Lokasi pabrik berada diwilayah RT 2 RW 1 milik Jamhari yang merupakan salah seorang perangkat desa setempat.

Bangunan yang terbakar merupakan sebuah rumah yang digunakan untuk penimbunan limbah penggilingan tebu ludes dilalap sijago merah. Sedangkan dua bangunan lain beserta mesin penggilingan tebu berhasil diselamatkan oleh warga.

Beruntung saat kejadian pabrik tersebut tidak sedang beroprasi, karena bulan Desember masih sepi aktifitas. Dugaan sementara pemicu kebakaran ialah pembakaran sampah yang merembet ke limbah penggilingan tebu tersebut yang ditumpuk di dalam bangunan yang terbakar.

Ahlis warga setempat mengatakan, api pertama kali diketahui oleh warga yang melintas, dan kemudian memberitau kepada yang warga yang lain. Dan diteruskan kepada pihak pemadam kebakaran.

Melihat api berkobar, warga beramai-ramai berusaha memadamkan api dengan menggunakan air seadanya.

“Yang terbakar itu pabrik gula. Tapi bangunan yang terbakar tidak berisi gula, tetapi bekas limbah tebu, atau kulit tebu yang habis digiling dan sudah kering. Satu bangunan yang hangus, sedangkan dua lainnya selamat,” katanya.

Pihak pemadam kebakaran menerima laporan tersebut langsung datang menerjunkan tim penjinak api. Satu armada pemadam, dan dua mobil tangki diturunkan untuk memadamkan api. Setelah dilakukan penyemprotan, api baru padam pada pukul 13.58 WIB. ( Asmui/Mifta )