Teknik Instalasi Tenaga Listrik Jurusan Menjanjikan Andalan SMK Muhammadiyah Lasem

oleh -147 views

REMBANG – cbfmrembang.com, Teknik Listrik (Teknik Elektro) adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan daya listrik dalam skala besar seperti pada industri dan mesin-mesin. Di Kabupaten Rembang, SMK Muhammadiyah Lasem menjadi satu-satunya sekolah yang memiliki jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL).

Ketua Program Keahlihan teknik instalasi tenaga listrik (TITL) SMK Muhammadiyah Lasem, Ahmad Yasin mengatakan sumber daya manusia dibidang kelistrikan sangat dibutuhkan didunia industri. Pasalnya teknik listrik berhadapan langsung dengan ketersediaan sumber daya energi , transmisi energi dan dampak dari energi terhadap sistem operasi permesinan secara keseluruhaan.

SEPEDA SANTAI POLRES REMBANG, HUT BHAYANGKARA KE-73

Dirinya mengatakan jurusan yang resmi dibuka tahun 2008 itu tidak hanya menyambung kabel saja namun juga ada pemrogramannya. Sehingga para lukusan SMK Muhammadiyah Lasem kedepannya telah siap untuk menyongsong era Industri 4.0.

“Siswa mampu merawat dan memperbaiki instalasi penerangan listrik 1 pas dan 3 pas. Merawat, memperbaiki dan memasang pengendali mesin industri, kemudian sebagai tenaga pelaksana pada berbagai industri yang memanfaatkan instalasi tenaga listrik,” terangnya saat dihubungi, Selasa (11/6/2019).

Yasin mengaku lulusan dari jurusan TITL sangat banyak diminati oleh industri di tanah air. Bahkan 80 persen lulusan dari SMK Muhammdiyah Lasem sudah bekerja diberbagai industri salah satunya PT. POSH semco.

“Untuk tahun ini kita sudah link and match dengan PT. Semen Gresik. Jadi kita sudah MoU di tahun 2018, jadi nanti kurikulumnya disesuaikan PT. Semen Gresik. Jadi nanti anak lulus sudah siap untuk bekerja,” imbuhnya.

Yasin menambahkan minat para siswa untuk masuk jurusan TITL sangat tinggi. Hal tersebut terbukti saat SMK Muhammadiyah memperkenalkan ke SMP se Kabupaten Rembang antusias para siswa yang tertarik jurusan kelistrikan sangat banyak. Dirinya berharap para lulusan jurusan TITL dapat bekerja secara profesional dan mampu bersaing didunia kerja, lebih-lebih mampu membuka lapangan pekerjaan. ( Rendi / Mifta )