Tax Center STIE YPPI Edukasi Soal Pajak Pelaku UMKM

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Keberadaan Tax Center di STIE YPPI Rembang kian menunjukkan eksistensinya setelah dibentuk . Pada Selasa (24/12/2019) memberikan edukasi seputar pembukuan keuangan, dan pajak.

Kegiatan yang bertemakan “Akuntansi dan Pembukuan, Membuat Usaha Lebih Maju” tersebut diselenggarakan di ruang pertemuan kampus yang berlokasi di jalan Rembang – Pamotan.

Acara tersebut menghadirkan narasumber dari KP2KP Rembang, Tulus Danaarta. Sedangkan palaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebanyak 31 orang dari berbagai wilayah yang ada di Rembang.

Ketua panitia kegiatan Agus Widodo menjelaskan, sebagian besar pengusaha yang hadir dalam kesempatan tersebut belum memahami betul mengenai pentingnya pembukuan dan penghitungan pajak.

Selain itu, kegiatan itu nantinya bermuara untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak UMKM yang ada di Rembang.

“Acara ini merupakan bagian kerja sama Tax Center STIE YPPI dengan kantor pajak. Tujuan akhirnya, untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak UMKM,“ terangnya.

Agus Widodo berharap, melalui kegiatan itu pelaku UMKM memahami tata cara pembukuan, sekaligus bisa menghitung sendiri besaran pajak yang harus dibayar. Kedepan jika UMKM mampu terdorong maju, harapannya perekonomian secara mikro di Kabupaten Rembang akan turut berkembang.

“UMKM menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Rembang. Jadi kita ingin mengedukasi UMKM dari sisi pembukuan dan perpajakan, “ imbuh Agus.

Dalam sosialisasi itu, pelaku UMKM diberikan pilihan untuk menghitung pajak. 0,5 % dari total omset yang diperoleh, berdasarkan PP No. 23 tahun 2018 atau PPh sebesar 5 %, jika laba bersihnya sampai dengan Rp 50 Juta selama 1 tahun. (Asmui/Mifta)