Taman Hjau Semenggah Rusak Gara-Gara Selfie, Pengelola Merespon

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Belum genap 1 minggu setelah dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Rembang H. Bayu Andriyanto, Taman Hijau Semenggah (THS) Desa Padaran Kecamatan Rembang rusak oleh pengunjung. Diperkirakan kerusakan bunga disebabkan karena terinjak-injak oleh pengunjung yang saling berdesakan saat bersefi ria.

Ketua pengelola Muhammad Ulin Nuha THS Padaran saat dikonfirmasi dirinya tidak menampik adanya kerusakan dilokasi wisata yang memiliki luas lahan mencapai 50 Meter persegi itu. Dirinya berujar lokasi kerusakan paling parah menimpa hamparan bunga prenthol atau ronde.

Detik-Detik Gudang Rosok di Desa Tuyuhan Kecamatan Pancur Terbakar

Kendati demikian pihak pengelola sudah mengantisipasi melalui pembibitan bunga yang dilakukan disekitar area taman. Kedepan pengawasan juga akan diintensifkan utamanya saat peningkatan jumlah pengunjung pada akhir pekan.

“Sejak dibuka banyak pengunjung juga, mungkin kurangnya pengawasan, dibuat selfi itu ditengah-tengah bunga kemudian terinjak-injak seperti itu,” ujar Ulin saat dihubungi, Selasa (18/6/2019).

Dengan adanya kerusakan itu menjadikan pemacu semangat bagi pengelola untuk bahan evaluasi. Pihaknya juga mentargetkan rencana perluasan taman bunga ke areal lahan sisi selatan kemudian penggantian bunga secara rutin agar keindahan taman bunga semenggah dapat terus terjaga.

“Untuk saat ini itu yang rusak kan yang sudah pada tua, nanti langsung kita ganti dan untuk kedepannya juga akan kita kasih pagar, agar tidak kembali diinjak-injak sama pengunjung,” terangnya.

Ulin menambahkan melihat respon masyarakat terhadap taman hijau semenggah cukup bagus, pihak pengelola berencana mengembangkannya dengan menambah beberapa spot selfi didalam taman. Dirinya berharap para wisatawan dapat turut menjaga dan tidak memaksakan untuk melintasi pagar demi mendapatkan foto terbaik tanpa memperhatikan kondisi tanaman. ( Rendi / Mifta )