Tahun Ini, PKU Muhammadiyah Pamotan Buka Layanan Spesialis Kandungan, Anak dan Mata

oleh -

PAMOTAN – cbfmrembang.com, Rumah Sakit Muhammadiyah dipastikan akan berdiri di Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang. Penandatanganan ijin prinsip dan peletakan batu pertamapun telah dilakukan Minggu (17/11/2019) kemarin oleh Bupati Rembang H.Abdul Hafidz.

Merujuk kepada pembangunan Rumah Sakit yang rencananya dibuat tiga lantai itu, jajaran Manajemen PKU Muhammadiyah telah melengkapi pelayanan di PKU dengan tiga layanan spesialis. Diantaranya spesialis kandungan, spesialis mata dan spesialis anak.

DETIK-DETIK RUNTUHNYA KUBAH MASJID JAMI’DESA KARANGASEM KECAMATAN SEDAN

Perekrutan Dokter spesialis telah dilakukan bulan Juli lalu. Dokter spesialis mata dr.Sigit Ari Handoko , Dokter spesialis anak dr.Fatoni dan Dokter spesialis kandungan dr Wiwik Susanti. Mereka pun langsung tancap gas dengan melakukan sosialisasi dan bakti sosial ke masyarakat.

Respon masyarakat terhadap tiga layanan tersebut sangat baik. Bagaimana tidak, masyarakat tidak perlu lagi pergi ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya ke kota, karena cukup di PKU Muhammadiyah.
Dokter spesialis kandungan dr Wiwik Susanti mengatakan sejak dibuka Maret kemarin semakin hari pasien semakin banyak. Saat ini PKU Muhammadiyah sudah bisa melayani pemeriksaan kehamilan USG baik 2 dimensi , 3 dimensi maupun 4 dimensi, pelayanan proses kelahiran normal maupun tidak normal seperti sungsang, kemudian layanan kuretase.

“Sedangkan layanan melahirkan dengan operasi caesar masih menunggu operasional rumah sakit Muhammadiyah, “ ungkapnya.

Reporter CBFM juga berkesempatan berbincang dengan Dokter Spesialis Anak disana, yaitu dr. Fatoni. Layanan spesialis anak sejak dibuka usai Lebaran kemarin hingga saat ini tak pernah sepi pasien. Apalagi spesialis anak di wilayah Pamotan belum ada sebelumnya.

“Prinsip kita ingin mendekatkan layanan kesehatan dalam hal ini khusus anak, sehingga masyarakat tidak perlu lagi ke Rembang. Rata- rata yang kesini mulai sakit batuk, pilek, diare dan lainnya, ” tuturnya.

Sementara itu Dokter Sigit Ari Handoko menambahkan pihaknya sudah bisa melayani keluhan penyakit mata kasus dasar, sedangkan operasi katarak akan dimulai awal tahun 2020. Sejak dibuka Agustus kemarin, setiap jam praktek ada saja orang yang berobat, kalau dirata- rata tiga sampai enam pasien.

Dengan penambahan pelayanan yang telah dilakukan PKU Muhammadiyah, tentunya membantu pemerintah dalam hal kesehatan masyarakat. Mengingat wilayah Kabupaten Rembang yang terbilang luas yakni 101.408 hektar (Ita /Mifta)