Semarakkan Kartini dengan Lomba Tari Bondhan Kendhi

oleh -137 views

REMBANG – cbfmrembang.com, Untuk menyemarakkan Hari Kartini ke 140, Pemkab Rembang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang, Selasa (9/4) menggelar Lomba tari bondhan kendhi. Kegiatan yang diselenggarakan di Sanggar budaya kompleks Museum Raden Ayu (RA) Kartini itu diikuti 11 kelompok. Dimana dalam 1 kelompok terdiri atas 2 orang anak berusia Sekolah Dasar.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinbudpar Kabupaten Rembang, Puji Purwati mengatakan diambilnya lomba tari bondhan kendi karena untuk melestarikan seni tradisi dimana seorang anak wanita yang rajin membantu sang ibu.

SEPEDA SANTAI POLRES REMBANG, HUT BHAYANGKARA KE-73

“Seni tari bondhan itu jenis tari klasik yang disitu ada ketentuan-ketentuan dasar-dasar untuk tari klasik. Kemudian bondhan kendhi sendiri isi atau temanya tentang kegiatan wanita. Kegiatan menggambarkan seorang anak yang membantu ibunya, mengasuh adiknya. Jadi seperti itu. Jadi kegiatan-kegiatannya tentang kewanitaan. Ada budi pekerti untuk bisa membantu orang tua.” imbuhnya.

Menurutnya gendhing pengiringnya berupa Ladrang Ginonjing. Dimana Ladrang Ginonjing merupakan gendhing yang disukai pahlawan emansipasi wanita, RA. Kartini.

Untuk mementaskan tari Bondhan Kendhi butuh perhatian yang ekstra. Pasalnya, tari tersebut terbilang sulit karena dalam menari, penari menggunakan property seperti payung, kendhi dan boneka.( Masudi / Mifta )