Semangat Berinovasi Jadikan Pemuda Pahlawan Masa Kini

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Peristiwa Perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kepolisian Resor Rembang AKBP Dolly A Rimanto yang bertindak sebagai inspektur upacara hari Pahlawan di Halaman Kantor Bupati, Minggu (10/11) saat membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia , Juliari P Batubara.

Detik -detik Kecelakaan Mobil di Pantura Kaliori Rembang, Mobil Hancur

Dengan Peringatan Hari Pahlwan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “….hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar…”. Selain itu peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak – anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan masa kini.

Kepahlawanan masa kini tidak bisa serta merta diukur dari sisi pengaruhnya yang mencakup seluruh bangsa. Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahakan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional.

“Menjadi Pahlawan Masa Kini dapat diakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi – aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugukan orang lain dan sebagainnya,” kata Dolly

Dirinya berharap, hari pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata tetapi dapat diisi dengan berbagai akifitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi.

Upara Hari Pahlawan diikuti oleh Unsur ASN, TNI, Polri, Ormas, Mahasiswa dan Pelajar. Seusai upacara Kapolres , Dandim dan Bupati Rembang Abdul Hafidz berziarah ke makam Pahlawan Giri Bhakti dan Makam Raden Ayu Kartini. ( Rendi / Mifta )