RSUD dr.Soetrasno Lolos Tahap Verifikasi Lapangan Lomba Implementasi Green Hospital

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Tim penilai lomba Implementasi Green Hospital tiba di Rembang dan diterima oleh Bupati Rembang H.Abdul Hafidz dan jajaran RSUD dr. R. Soetrasno Rembang di rumah dinasnya, Rabu (30/10/2019). Kedatangan mereka untuk menilai langsung bagaimana kondisi di rumah sakit plat merah itu guna penilaian akhir dalam lomba yang digelar oleh Kementrian Kesehatan.

Salah satu tim penilai dari Kementrian Lingkungan Hidup, Catur Wahyu Prasetyo mengatakan sebelum penilaian ke lapangan, pihak rumah sakit mengisi formulir yang dikirim oleh Kemenkes. Formulir tersebut diantaranya berisi tentang masalah lingkungan, efisiensi energi dan kebijakan yang mendukung green hospital.

Detik -detik Kecelakaan Mobil di Pantura Kaliori Rembang, Mobil Hancur

Total ada 43 rumah sakit yang ikut lomba tersebut. RSUD dr.R Soetrasno masuk dalam kategori lomba rumah sakit Pemerintah/ RSUD / TNI/Polri. Yang lolos ke tahap verifikasi lapangan ada 11 rumah sakit.

Salah satu penilaiannya adalah adakah kebijakan Pimpinan terkait penghematan energi di rumah sakit. Atau adakah pemakaian lampu penerangan yang menggunakan energi surya, termasuk indikator penghematan energinya.

“Di rumah sakit apakah sudah menggunakan teknologi hemat energi seperti lampu LED. Atau sudah menggunakan AC jenis inverter , kemudian untuk komponen efisiensi energi kita juga melihat apakah ada yang memiliki sertifikasi tentang kompetensi terkait pengelolaan energi, ” imbuhnya.

Tim penilai terdiri dari Kemenkes, Kementrian Lingkungan Hidup dan Asosiasi Perhimpunan Ahli Lingkungan Hidup.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD dr R Soetrasno, dr. Agoes Setyo Hadi mengatakan pihaknya telah melaksanakan seluruh ketentuan pengelolaan lingkungan rumah sakit, seperti limbah, udara dan sampah.

“Selain itu lanscape rumah sakit seperti pengelolaan air, pohon peneduh, biopori , ” tuturnya.

Setelah tahapan penilaian verifikasi lapangan selesai, rencananya Senin depan akan diumumkan juaranya.

Sebelumnya Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia, Rumah Sakit Umum (RSU) dr.Soetrasno Rembang mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atas sistem pengolahan sampah atau limbah yang baik. Penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Salatiga bulan Juli 2019 kemarin. ( Ita / Mifta )