Ribu Lebih Dukungan, Syarat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Maju Pilbub Jalur Perseorangan 2020

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Belakangan ini ramai terdengar ada tiga bakal Bakal Calon Bupati (Bacabup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bawabup) yang mendeklarasikan diri untuk maju pada pemilihan Bupati (Pilbup) 2020 di Kabupaten Rembang secara independen atau perseorangan. Syaratnya mereka harus mendapatkan sebanyak 8,5 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Rembang yang pada pemilihan terakhir sekitar 480 ribu jiwa.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kabupaten Rembang M. Ika Iqbal Fahmi saat sosialisasi tahapan pasangan calon perseorangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rembang tahun 2020 di Kantor KPU Kabupaten Rembang, Kamis (28/11).

DETIK-DETIK RUNTUHNYA KUBAH MASJID JAMI’DESA KARANGASEM KECAMATAN SEDAN

Iqbal menjelaskan, sesuai dengan aturan, jumlah penduduk yang termuat dalam DPT pada pemilihan terakhir sampai 250 ribu jiwa, maka paling sedikit harus mendapat dukungan 10 persen. Untuk Kabupaten yang termuat dalam DPT pada pemilihan terakhir 250 – 500 ribu jiwa, maka paling sedikit harus didukung 8,5 persen.

Sedangkan Kabupaten yang termuat dalam DPT pada pemilihan terakhir 500 – 1 juta jiwa, maka paling sedikit harus didukung 7,5 persen dan Kabupaten yang termuat dalam DPT pada pemilihan terakhir 1 juta jiwa lebih, maka maka paling sedikit harus didukung 6,5 persen.

“Kalau di Kabupaten Rembang itu dukungan harus 8,5 persen dari jumlah DPT terakhir sebanyak 488.042 jiwa. Artinya jumlah dukungannya harus 41.484 jiwa dukungannya,” kata Iqbal.

Selain itu terdapat tambahan kolom pekerjaan pada surat dukungan yang tidak memperbolehkan dukungan didapat dari warga yang berprofesi sebagai ASN, TNI-Polri, ataupun Kepala Desa. Untuk penyerahan syarat dukungan diberi waktu hanya 4 hari yaitu mulai tanggal 19 – 23 febuari 2020.

“Kemarin memang ada perubahan formulir yang harus mencantumkan pekerjaan. Cuma kalau sudah terlanjur tidak disebutkan pekerjaan itu tidak apa-apa, karena nanti juga diverifikasi dilapangan,” terangnya.

Iqbal menambahkan proses verifikasi dokumen pencalonan perseorangan KPU Kabupaten Rembang tidak dilakukan dengan cara sampling seperti pemilu yang sudah-sudah. Namun proses verifikasi faktual dokumen pencalonan perseorangan nantinya dilakukan secara keseluruhan.

Sementara itu, Dharmawan Budhiarto salah satu Bakal calon Wakil Bupati yang maju dijalur perseorangan mendampingi Suparno (Gusno)Bakal calon Bupati mengatakan dirinya tetap berencana untuk mengikuti pendaftaran pasangan jalur perseorangan. Terkait dengan aturan baru mengenai kolom pekerjaan ia pun tetap mengikuti aturan tersebut meskipun aturan ASN harus netral.

“Kami tetap akan tempuh jalur pasangan calon perseorangan, untuk jumlah pengumpulan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sampai hari ini Insallah sudah lebih dari 5.000,”pungkasnya. (Rendi /Mifta)