Rembang Masuk Nominasi Lomba GSIB Tingkat Jawa Tengah

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Kabupaten Rembang masuk dalam nominasi Lomba Gerakan Sayang Ibu dan Bayi (GSIB) tingkat Jawa Tengah. Selain Rembang ada lima Kabupaten / Kota lainnya yang juga masuk dalam nominasi.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rembang Hj. Hasiroh Hafidz saat kegiatan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan di Sanggar Budaya Komplek Museum Raden Ayu Kartini, Kamis (17/10/2019).

Detik-Detik Gudang Rosok di Desa Tuyuhan Kecamatan Pancur Terbakar

Keberhasilan tersebut disebabkan karena jumlah akseptor KB terus meningkat , angka kematian ibu dan bayi terus menurun.

“Dan untuk angka KB di Kabupaten Rembang ini sudah baik, untuk angka kematian ibu dan bayi juga sudah baik, dan untuk besok hari Jumat Kabupaten Rembang ikut nominasi untuk lomba GSIB (gerakan sayang Ibu dan Bayi) kabupaten Rembang menjadi nominasi dari enam kebupaten diantaranya Rembang, Grobogan, Semarang, Wonosobo dan mana lagi lupa, monggo nanti berdoa semoga rembang bisa mendapat juara.” ungkapnya.

Keseriusan dan keterpaduan PKK dengan lintas sektor terkait dalam pelaksanaan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat termasuk ibu dan bayi di Kabupaten Rembang telah dibuktikan dengan diperolehnya penghargaan ditingkat Provinsi Jawa Tengah di tahun 2018 yaitu juara II Lomba PHBS, Harapan II lomba Pengelola Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan, dan Harapan II lomba Posyandu.

Termasuk pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan yang dilaksanakan kali ini tak lain bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang berkualitas dalam program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga serta program Kesehatan.

Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan tahun 2019 ini dilaksanakan selama tiga bulan dimulai pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2019 di semua tingkatan wilayah Desa atau Kelurahan dan Kecamatan se-Kabupaten Rembang yang ditandai dengan pencanangan pada hari ini. ( Ki Dwi / Mifta )