Rembang Masuk 10 Besar Nominasi Kabupaten/Kota Kreatif

oleh -140 views

REMBANG- Kabupaten Rembang tahun ini masuk ke dalam nominasi 10 besar kabupaten /kota kreatif se Indonesia.

Prestasi tersebut bisa diketahui di laman milik Badan Ekonomi Kreatif Indonesia atau Bekraf yaitu www.kotakreatif.id yang dilansir tanggal 30 Mei 2019 lalu.

SEPEDA SANTAI POLRES REMBANG, HUT BHAYANGKARA KE-73

Berdasarkan hasil seleksi oleh tim Bekraf untuk Kabupaten/Kota yang telah melakukan uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) pada tahun 2016-2018 sebanyak 55 kabupaten /kota. Hasilnya 10 Kabupaten/Kota telah terpilih sebagai nominasi penetapan status Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia.

Selain Rembang, Kabupaten / Kota yang masuk nomisasi yaitu Kota Palembang,Kabupaten Majalengka, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Malang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan, Kabupaten Gianyar dan yang terakhir Kota Denpasar Bali.

Ketua Rembang Creative Community Network (RCCN),Ahmad Rif’an mengatakan masuknya Rembang ke dalam 10 besar nominasi kabupaten /kota kreatif berkat sinergitas bersama dari ikhtiar para actor creative seperti RCCN yang menaungi lebih dari 70 komunitas kreatif dan pelaku kreatif dari 16 subsektor ekraf dengan pihak Pemkab Rembang.

Tahapan penilaian selanjutnya, nominator akan mengikuti workshop yang diselenggarakan oleh Bekraf. Workshop dilaksanakan antara tanggal 10 s.d. 17 Juni 2019, sedangkan untuk Rembang diperkirakan tanggal 13 Juni 2019.

Pihaknya pun segera melakukan sinergi dengan Pemkab Rembang untuk menentukan konsep yang akan disampaikan dalam workshop.

“Ini nanti dipilih dua kabupaten kreatif, yang satu dari pulau Jawa satu kabupaten dari luar pulau Jawa. Kemudian dua kota kreatif , satu dari pulau jawa dan satu dari luar pulau Jawa, jadi kalau melihat peluangnya, Rembang bersaing dengan Kabupaten Majalengka yang dari pulau Jawa,” ungkapnya.

Kabupaten Rembang memiliki banyak potensi, namun hingga 2020 ada enam sub sektor yang digarap. Diantaranya sub sektor Kriya, sub sektor pertunjukan, kuliner, seni rupa, fashion dan film animasi video. (Ita/Mifta)