Rembang Dipercaya Sebagai Tuan Rumah Kontes Ternak tingkat Jawa Tengah

oleh -131 views

KRAGAN – cbfmrembang.com, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah menunjuk Kabupaten Rembang sebagai tuan rumah kontes Ternak tingkat Jawa Tengah tahun 2019 ini. Rencananya kegiatan tersebut berlangsung di bulan Agustus mendatang.

Hal itu diungkapkan Kabid Budidaya Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah , Hariyanta Nugraha saat menghadiri kontes ternak sapi di lapangan desa Balongmulyo Kecamatan Kragan kemarin. Kontes Ternak nantinya digabungkan dengan gelar potensi peternakan.

SEPEDA SANTAI POLRES REMBANG, HUT BHAYANGKARA KE-73

Menurut Hariyanta, dipercayanya Rembang sebagai tuan rumah event dua tahunan itu karena dinilai telah berhasil mengembangkan peternakan, atau bisa dibilang bentu apresiasi.

Didalam gelar potensi peternakan nantinya ada sejumlah kegiatan, diantaranya kontes ternak, panen pedhet hasil Inseminasi Buatan (IB). Rangkaian kegiatan tersebut termasuk dalam agenda Bulan Bhakti Peternakan, yang rentan waktunya dari 26 Agustus sampai 26 September.

“ Rembang cukup berhasil dalam mengembangkan potensi ternaknya, sehingga ini sebagai bentuk apresiasi kami dan kami sudah minta ijin pak Bupati, Rembang sebagai lokasi kita nanti gelar potensi peternakan,maupun panen pedhet hasil IB tingkat jawa tengah nanti pada saat bulan bhakti peternakan yang rentan waktunya dari 26 agustus sampai 26 september,” ungkapnya.

Menanggapi dipilihnya Rembang sebagai tuan rumah gelar potensi peternakan tingkat Jawa Tengah, Bupati Rembang H. Abdul Hafidz langsung menyambutnya dengan tangan terbuka. Ia yakin event itu akan semakin memompa semangat para peternak di Kota Garam.

“Ini support yang luar biasa, saya langsung terima, akan kita fasilitasi semuanya. InsyaAllah dengan ini akan membangkitkan para peternak kita untuk berlomba memajukan ternaknya,” tuturnya.

Rembang merupakan salah satu pilar penyangga sapi potong di Jawa Tengah, populasinya peringkat 4 di Jateng, . Kecamatan Kragan telah ditetapkan oleh Kementrian Pertanian sebagai sumber bibit sapi PO, Populasi Sapi PO di Kecamatan Kragan ada kurang lebih 8.536 ekor. (Ita/Mifta)