Ratusan Pelajar Bakal Menari Orek-orek Meriahkan Peringatan Hari Kartini

oleh -264 views

REMBANG – cbfmrembang.com, Sebanyak 400 siswi SMP akan menari tari orek- orek saat peringatan Hari Kartini tingkat Kabupaten Rembang, di alun- alun Rembang Minggu (21 April 2019) besok. Hingga hari Kamis (18/4/2019) siang mereka telah menyelesaikan latihan terakhir mereka.

Ratusan siswi tersebut berasal dari sembilan sekolah. Diantaranya SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3 dan SMPN 5 Rembang, SMPN 1 Lasem, SMPN 1 Kaliori, SMPN 1 Bulu, SMPN 1 dan 2 Sulang.
Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang, Puji Purwati mengatakan latihan sudah dilakukan sebanyak tujuh kali. Sistemnya dimulai dari latihan di sekolah masing- masing dan kemudian beberapa kali di pendapa Museum RA Kartini dan di alun- alun.

SEPEDA SANTAI POLRES REMBANG, HUT BHAYANGKARA KE-73

“Tekniknya kami pertama mendatangkan guru-gurunya ditambah dari sanggar untuk menyamakan geraknya. Kemudian mereka melatih anak- anak di sekolah masing- masing , baru menyamakan gerak tarinya lagi di pendapa, “terangnya.

Mereka akan menari tari orek- orek dengan durasi 10 menit dihadapan para pejabat Pemkab Rembang dan Pimpinan Instansi Vertikal lainnya sebelum upacara dimulai. Yang bisa juga masyarakat menonton penampilan di sisi pinggir alun- alun.

Alvina Sugiyanti Siswi SMPN 5 Rembang saa ditemui CBFM seusai latihan mengaku bangga bisa turut serta dalam acara besar di Hari Kartini ke 140. Penampilannya bersama teman satu sekolahnya Minggu besok menjadi pengalaman pertama baginya.

“Ya bangga sih, seneng juga. Sebelumnya belum pernah kalau menari di acara- acara seperti ini.”

Selain tari orek- orek, ada penyerahan Pataka yang juga dilaksanakan di alun- alun, yang mana di tahun- tahun sebelumnya dilaksanakan di pendopo Museum. (Ita/Mifta)