Puter Giling Sekararum Menarik Profesor Amerika Datang

oleh -

SUMBER – cbfmrembang.com, Tradisi sedekah bumi Dusun Sekararum, Desa Sekarsari, Kecamatan Sumber, yang dikemas dalam budaya Puter Giling tidak hanya dinikmati oleh masyarakat setempat, namun ternyata menarik minat bagi orang luar negeri untuk melihatnya. Pasalnya, dalam kegiatan tradisi tahunan itu didatangi Profesor Simon Richter dari Pensylvania University, Amerika Serikat.

Profesor Simon mengatakan kedatangannya ke Dusun Sekararum berawal dari pertemuannya dengan Adin salah satu pemuda Sekararum di Semarang.

Detik-Detik Gudang Rosok di Desa Tuyuhan Kecamatan Pancur Terbakar

“Saya profesor dari Amerika Serikat, saya buat riset di Semarang. Di Semarang saya kenal Mas Adin dari Histeria. Mas Adin menunjukkan kepada saya bagaimana menunjukkan kampung-kampung di Semarang dan di Rembang itu bekerja. Sehingga pergi ke desa ini, karena masih satu riset.” Jelasnya.

Simon menuturkan setelah melihat dari dekat kegiatan sedekah bumi di Sekararum itu dirinya tidak menyangka dan kagum dengan keramahan orang-orang desa. Terlebih anak-anak muda sangat suport terhadap seni dan budaya.

Kepala Desa Sekarsari, Triyono menjelaskan di acara puncak sedekah bumi, pada hari kamis (11/7) dilaksanakan kirab budaya berupa arak-arakan hasil bumi sepanjang 1 kilo meter yang dimulai dari pertigaan Sekararum menuju punden Kaligenting di barat dusun.

Selama pelaksanaan tradisi sedekah bumi sejak hari sabtu (6/7) yang dipoles melalui Puter Giling selain menampilkan seniman lokal dari Kabupaten Rembang pihak panitia juga mengajak seniman dari Semarang, Solo, Jogjakarta dan Jakarta.( Masudi / Mifta )