Polres Rembang Mulai Sosialisasikan Larangan Berkendara Sambil Merokok

oleh -
Kasat Lantas Polres Rembang AKP Roy Irawan

REMBANG – cbfmrembang.com, Jumlah kasus kecelakaan di Kabupaten Rembang dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal itu disebapkan jumlah kendaraan yang terus bertambah, sementara volume jalan tetap. Untuk mengantisipasi jumlah korban jiwa, sejumlah upaya telah dilakukan oleh pemerintah melalui instansi terkait, salah satunya jajaran Satlantas Polres Rembang.

Salah satu yang rutin dilakukan oleh aparat ialah menggelar razia rutin cipta ketertiban berlalu lintas dijalan raya, termasuk membawa kelengkapannya. Bagi penendara kendaraan bermotor yang kedapatan melakukan pelanggaran seperti mengemudi sambil memainkan hand phone akan berususan dengan petugas dilapangan.

Detik-Detik Gudang Rosok di Desa Tuyuhan Kecamatan Pancur Terbakar

Selain itu, Satlantas Polres Rembang baru-baru ini sedang gencar menyosialisasikan larangan berkendara sambil merokok. Karena, berkendara sambil merokok dinilai dapat mengganggu konsentrasi pengendara, dan dianggap dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Kasat Lantas Polres Rembang AKP Roy Irawan mengatakan, undang-undang larangan berkendara sambil merokok sebetulnya sudah lama diterapkan. Di beberapa daerah larangan tersebut sudah berlaku. Sedangkan di Kabupaten Rembang baru dilakukan sosialisasi. Larangan berkendara sambil merokok, pasal yang dikenakan sama beratnya dengan pelanggaran berkendara sambil memainkan handphone.

“Memang larangan merokok disana ada aturan hukumnya yang mengatur terkait dengan keselamatan. Jadi orang dalam mengemudikan kendaraan bermotor dilarang beraktifitas lain. Karena dapat mengganggu konsentrasi, merokok, dan menggunakan HP itu adalah termasuk mengganggu konsentrasi,” kata Roy Kasatlantas.

Sosialisasi dan penindakan larangan berkendara sambil merokok akan mulai dilakukan mulai digelarnya operasi ciptakondisi paska Pileg dan Pilpres serta menyambut bulan suci Ramadan 1440 H. Operasi sudah digelar sejak tanggal 29 April sampai dengan 12 Mei 2019.

Menurut Kasat lnatas Polres Rembang, Undang-undang larangan berkendara sambil merokok baru disosialisasikan sekarang karena ada beberapa hal yang harus diprioritaskan. Sehingga, di Kabupaten Rembang tertinggal dari daerah lain. ( Asmui / Mifta )