Polisi Telusuri Penyebab Robohnya Tower SUTT

oleh -

REMBANG – Pihak kepolisian tengah menyelidiki apa penyebab robohnya Tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di Kabongan Kidul Kecamatan Rembang kota, Selasa (25/2/2020) malam. Tower SUTT roboh menimpa rumah warga dan dua orang terluka serta listrik padam di Kabupaten Rembang, Pati, Blora.

Kapolres Rembang AKBP Dolly A. Primanto menyebut polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap pihak PLN selaku pemilik tower. Selain itu, sejumlah saksi yang berada di dekat lokasi kejadian juga ikut dimintai keterangan.

Pihak kepolisian menduga adanya unsur kelalaian yang terjadi dalam insiden tersebut. Dolly menyoroti posisi robohnya tower tersebut.

“Itu kan seperti bisa dibilang setengah bencana, juga kelalaian. Kita kroscek lebih mendalam lagi, karena posisinya (tower yang roboh) menyudut, tidak garis lurus. Jadi ini pas sudutnya yang roboh ini. Untungnya itu cuma kejatuhan genting korbannya. Padahal kiri kanan sawah ada kabel-kabel PLN telanjang semua. Malam-malam padahal kalau nyenggol bagaimana itu, sangat bahaya,” ujarnya.

Dalam release yang disampaikan PLN ke awak media, Tower SUTT roboh akibat struktur tanah disekitar tower rusak, kondisi tersebut disebabkan oleh hujan berkepanjangan yang menyebabkan tanah di sekitar tower tergenang, sehingga berdampak pada kekuatan struktur tanah di pondasi tower.

Diberitakan sebelumnya, tower tersebut roboh pada Selasa (25/2) sekitar pukul 23.26 WIB. Akibatnya, listrik di sebagian wilayah Kabupaten Rembang, Pati dan Blora sempat mengalami padam . Hingga saat ini PLN menyatakan listrik Kabupaten Pati sudah kembali normal, sedangkan listrik di Rembang dan Blora diperkirakan normal kembali seluruhnya paling cepat malam ini. ( Asmui/Mifta )