PKK Gelar Workshop Disiplin Positif untuk Pola Asuh Anak dan Remaja

oleh -

REMBANG – Salah satu prioritas dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Rembang adalah pendidikan karakter bagi anak dan Remaja sehingga beberapa kegiatan yang merupakan sinergi antara Tim Penggerak PKK dengan Dinas terkait telah diselenggarakan beberapa waktu yang lalu seperti Penyuluhan Parenting, Sosialisasi Pola Asuh Anak dan Remaja, dan pada kesempatan ini , Selasa (15/10) digelar kegiatan workshop disiplin positif.

Workshop yang dilaksanakan di Sanggar Budaya komplek museum RA Kartini ini diikuti oleh ratusan peserta dari 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Rembang, diantaranya selain dari Kader PKK Kecamatan dan Desa, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala desa, Bidan Desa, Guru PAUD/TK, Tokoh Agama/Masyarakat, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Detik-Detik Gudang Rosok di Desa Tuyuhan Kecamatan Pancur Terbakar

Dengan peserta tersebut diharapkan tujuan yang telah dirancang dapat tercapai sesuai sasaran secara efektif dan efisien.

Dalam kesempatan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rembang Hj. Hasiroh Hafidz berharap dapat meningkatkan pengetahuan bagi para peserta dalam mendidik anak dengan cara yang lebih bijak, santun, tanpa ancaman maupun hukuman fisik dan emosional.

“Sehingga dengan adanya kegiatan ini kami berharap nanti bapak ibu semuanya bisa bersatu padu untuk meluruskan kembali jangan sampai anak-anak ini berbelok terlalu jauh. karena memang anak yang disiplin itu suatu hal yang sangat penting tapi mungkin bagi anak-anak ini mungkin kebebasannya terbatasi,” ujarnya.

Hal tersebut dapat mendorong sebuah bentuk penerapan disiplin tanpa kekerasan, upaya mengkomunikasikan perilaku yang efektif antara orangtua dan anak, mengajarkan anak untuk memahami konsekuensi dari perilakunya sendiri, serta mendorong mengajarkan kepada anak rasa tanggung jawab dan rasa hormat ketika berinteraksi dengan lingkungan. ( Ki Dwi / Mifta )