Pilkades Lancar, Bupati Berharap Yang Kalah Dukung Kades Terpilih Majukan Desa

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Sebanyak 237 Desa di Kabupaten Rembang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades hari ini, Rabu (6/11/2019). Masyarakat terpantau berbondong- bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), tak hanya untuk mencoblos, para pedagang juga tak mau melewatkan peluang bisnis untuk menjual dagangan mereka dari pagi hingga sore hari.

Sejak pagi hingga sore Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan monitoring pelaksanaan Pilkades. Ada lima tim yang meninjau di titik yang berbeda.

Detik-Detik Gudang Rosok di Desa Tuyuhan Kecamatan Pancur Terbakar

Tim 1 yang dipimpin Bupati Abdul Hafiz memantau di Desa Ronggomulyo, Kedungasem Kecamatan Sumber, Tambakagung dan Tasikharjo Kecamatan Kaliori dan Desa Kasreman , Mondoteko dan Sumberjo Kecamatan Rembang kota.

Bupati saat mendatangi TPS di Desa Sumberjo mengatakan hasil monitoring secara umum Pilkades berjalan aman dan lancar. Tidak ada hal- hal yang mengganggu proses demokrasi di tingkat Desa.

Terkait angka Golput, menurut pantauannya sangat minim. Seperti di Desa Tlogomojo 99 persen lebih warganya mencoblos, Kasreman , Sumberjo dan lainnya diatas 80 persen tingkat partisipasi warga dalam Pilkades.

Hasil Pilkades di Desa Sumberjo yang memiliki lima Cakades, terpilih sebagai Kades Slamet Rahayu dengan memperoleh 1271 suara , unggul 70 suara dari pesaing terdekatnya Linggo Utomo dengan 1201 suara. Sedangkan di sejumlah Desa lain, Cakades Incumbent tumbang, seperti di Desa Mondoteko Rembang, Incumbent Salamun kalah dari Cakades pendatang baru Sudarto, Sedangkan yang cukup unik, di Desa Tunggulsari Kecamatan Kaliori, Sang suami kalah dari Istri.

Bupati berharap Calon Kades yang kalah bisa mendukung Kades terpilih untuk bersama- sama memajukan Desa. Seperti niat awal saat mencalonkan diri yakni untuk mengabdikan diri untuk desa, begitupun bagi para pendukungnya.

“Bagi para pendukung harus sadar, bahwa yang jadi Kades hanya satu, tidak bisa semua. Untuk itu semuanya setelah pilkades ini harus mendukung Kades yang terpilih, Cakades yang terpilih adalah yang terbaik untuk kemajuan desa, ” tuturnya.

Sementara itu Kapolres Rembang AKBP Dolly A Primanto mengungkapkan kondusifitas hingga pemilihan selesai ini harus terjaga hingga pasca Pilkades. Aparat keamanan yang bertugas akan terus berjaga, terkait penarikan personel masih melihat perkembangan situasi di lapangan, meskipun rencananya tiga hari dari H-1 pelaksanaan Pilkades. ( Masudi / Mifta )