Pilkades Berlangsung Hingga Larut Malam, Para Cakades Hanya Menang Tipis

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Perebutan suara dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kragan berlangsung sangat ketat. Satu calon kades (cakades), Alsori menang tipis atas pesaingnya, Suryadi dengan hanya selisih satu suara.

Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan Nur Purnomo Mukdiwidodo mengungkapkan, antusiasme masyarakat pada Pilkades tahun ini cukup tinggi. Sehingga ada beberapa desa yang proses pilkadesnya cukup memakan waktu. Seperti yang terjadi di Desa Tegalmulyo, penghitungan suara berlangsung hingga tengah malam.

Detik-Detik Bangunan Kompleks Kantor Dinas Pertanian Terbakar

Hal tersebut terjadi dikarenakan saat panitia Tempat Pemungutan Suara (TPS) melakukan penghitungan suara yang diperoleh dua Cakades Suryadi dan Aslori memperoleh hasil imbang (Draw). Pada waktu itu, dari panitia, saksi, dan calon sepakat untuk dilakukan penghitungan suara ulang.

Setelah dihitung ulang hingga dua kali lanjut Purnomo, ternyata ada selisih hanya 1 suara. Dan posisi Kades dimenangkan Alsori dengan perolehan jumlah 798 suara, sedangkan rivalnya Suryadi mendapatkan 797 suara.

“Memang ada kesalahan penghitungan namun kita maklumi, dari panitia dan saksi sama-sama kelelahan. Sebab bekerja dari pagi sampai malam, itu manusiawi. Dan dari Cakades juga menyadari kalau itu sudah takdir. Di Kragan kemarin kita tunggu sampai hampir jam 24.00, sebenarnya sampai jam 23.30 namun untuk finalisasi dibuatkan berita acara untuk penghitungan ulang,” terang Purnomo.

Penghitungan suara hingga larut malam juga terjadi di Desa Sumberrejo Kecamatan Pamotan. Pada Desa tersebut cakades Mulyanto unggul dengan selisih lima suara dengan 777 suara, unggul atas lawannya Muniono yang memperoleh 722 suara. Selain itu kemenangan tipis terjadi juga di Desa Watu Pecah Kecamatan Kragan dengan selisih 2 suara, antara cakades Dariyanto yang memperoleh 220 suara dengan Cakades Sukoco yang mendapat 218 suara.

Dirinya menilai dari panitia dan saksi sudah melakukan proses penghitungan sesuai ketentuan dan transparan. Sehingga tidak ada masalah sampai penghitungan akhir. ( Rendi / Mifta )