Pertama Kali Diadakan, Puluhan Remaja Bersaing Jadi Duta Museum

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Ajang pemilihan Duta Museum Kabupaten Rembang tahun 2019 sudah memasuki tahap Grand Final, rencananya Grand Final pemilihan Duta Museum diselengarakan Kamis malam mulai pukul 19.00 WIB di Pendopo Museum Kartini, Kamis (12/9/2019). Ajang yang merupakan agenda tahunan tersebut baru pertama kalinya diadakan di Kabupaten Rembang pada tahun 2019 ini.

Kasi Sejarah Museum dan Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang, Retna Dyah menjelaskan acara tersebut diselenggarakan untuk mencari sosok duta inovatif yang mampu mempromosikan museum yang ada di Kabupaten Rembang. Di sisi lain, duta museum diharapkan menjadi pelopor agar dapat menarik simpati generasi muda untuk berkunjung ke museum.

Detik-Detik Bangunan Kompleks Kantor Dinas Pertanian Terbakar

Berbeda dibanding pemilihan duta yang lain, lanjutnya, pemilihan duta museum tidak mensyaratkan pesertanya untuk maju berpasangan seperti pemilihan duta wisata. Sehingga juara yang akan terpilih nantinya tidak berpasangan, melainkan satu per satu wanita maupun laki-laki.

Dirinya menyebutkan, sebanyak 54 peserta laki-laki dan perempuan usia 16 – 24 tahun mendaftarkan diri untuk mengikuti audisi yang diselenggarakan pada tanggal 11 September kemarin. Setelah melalui proses audisi, sebanyak 30 peserta terjaring untuk memperebutkan juara duta muesum tahun 2019.

“Kita lebih ke intelejensi atau pengetahuan tentang ilmu permuseuman. Bagaimana strategi pemasaran museum, karena nanti duta yang akan terpilih tidak mandek cuma dipemilihan saja. Namun akan kita kembangkan untuk menjadi edukator, jadi kayak semacam pemandu,” terang Retna saat dihubungi, Kamis (12/9/2019).

Dari 30 peserta yang terpilih seusai audisi, pada malam pemilihan duta museum mereka akan melakukan perform penampilan. Selanjutnya akan dipilih 6 peserta finalis untuk mengikuti proses tanya jawab dengan dewan juri yang kemudian akan ditentukan juara dari ajang pemilihan duta museum tersebut. Selain itu juga akan dipilih juara favorit yang ditentukan dari tes esai terbaik tentang museum saat proses audisi.

Tidak tanggung-tanggung, total hadiah yang disiapkan panitia untuk para peserta yang berhasil memproleh juara sebesar Rp. 29 juta untuk uang pembinaan. Selain itu, seluruh peserta juga difasilitasi mulai dari make up hingga pakaian adat yang digunakan untuk perform penampilan. Uang partisipasi pun akan diberikan pihak panitia untuk 30 peserta yang tampil pada ajang pemilihan nanti malam.

“Nanti perform penampilan seperti duta wisata, terus nanti 30 peserta jalan terus nanti kita pilih 6 peserta saja. Dari 6 peserta itu kita kasih pertanyaan, setelah itu kita tentukan juara 1,2,3 dan harapan

1,2,3. Kemudian juara favorit tidak diambil dari waktu perform itu, tetapi diambil dari esai selain dari yang 6 peserta juara itu yang esainya terbagus,” jelas Retna.

Dirinya berharap, bagi peserta yang berhasil maraih juara umum dan terpilih menjadi duta museum nantinya dapat memajukan museum dari segi pemasaran. Selain itu dari segi teknologi informasi, dan strategi menambah jumlah pengunjung juga sangat penting untuk ditingkatkan mengingat Rembang memiliki museum pahlawan nasional Raden Ayu Kartini. ( Rembang / Mifta )