Peringati Hari Pers Nasional, PWI Rembang Tahlilan

oleh -
Saat anggota PWI Rembang ziarah ke makam dua wartawan yang sudah meninggal

REMBANG – cbfmrembang.com, Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-74, pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rembang berziarah ke pusara makam dua wartawan, Minggu sore (09/02/2020).

Makam yang menjadi tujuan ziarah merupakan tempat peristirahatan terakhir Alm Muntoyo alias “Dicky Prasetya” penyiar sekaligus reporter Radio Pop FM di makam Desa Kabongan Kidul dan Heru Budi Santoso reporter radio CB FM di makam Krapyak – Rembang.

Ketua PWI Kabupaten Rembang, Musyafa Musa mengatakan, Muntoyo meninggal dunia diusia 50 tahun, sedangkan Heru Budi pada usia 45 tahun, karena sakit. Selama ziarah makam, pengurus PWI melakukan bersih-bersih makam, sekaligus tahlil dan mendo’akan arwah keduanya.

“Bagaimanapun almarhum Muntoyo meninggal pada tahun 2018, dan Heru Budi meninggal tahun 2019. MereKa pernah memiliki jasa di dunia pers. Kita do’akan semoga arwahnya tenang, mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya, “ kata Musa.

Musa menegaskan, tujuan ziarah sekaligus mengingatkan anggota PWI Rembang, akan datangnya kematian. Hal tersebut sebagai pemacu semangat untuk menyajikan tulisan yang lebih inspiratif serta bermanfaat bagi masyarakat.

“Sebaik – baiknya hidup ialah yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Kadang pers diidentikkan suka menjelek-jelekkan, tapi semua itu ujungnya demi kebaikan dan kemaslahatan. Di sisi lain, kami juga terus mendengungkan jurnalisme inspiratif, biar tulisan yang dibaca berbobot, memunculkan ide baru. Semoga jadi ladang ibadah,“ bebernya.

Menurutnya dunia pers saat ini dikepung oleh maraknya media sosial yang rentan penyebaran berita hoaks dan ujaran kebencian. Baginya, pers harus menjadi penyeimbang media sosial, sehingga bisa saling melengkapi dan semakin mencerdaskan masyarakat.

Selain ziarah dan tahlil, PWI Rembang juga menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di sekolah berupa pemberian bibit pohon dan pembekalan mengenai dunia pers dan kewartawanan. Kegiatan tersebut akan diselenggakan pada tanggal 13, dan 20 Februari 2020. (Asmui/Mifta)