Peringatan HKSN Ke-62, Tingkatkan Kepekaan Sosial Terhadap Sesama

oleh -

Untuk menanggulangi segala permasalahan sosial yang terjadi di daerah Pemkab Rembang mengadakan acara sarasehan dalam rangka Peringatan hari kesetiakawanan sosial nasional (HKSN) ke-62 di salah satu hotel di jalan Diponegoro, Rabu (27/11). Acara yang bertajuk ” kesetiakawanan sosial menembus batas ” tersebut dihadiri seluruh lapisan masyarakat.

Wakil Bupati Rembang H. Bayu Andriyanto yang dalam sambutannya sekaligus membuka acara pagi itu mengatakan HKSN merupakan upaya menghayati dan meneladani semangat persatuan, kesatuan, kegotongroyongan dan kekeluargaan rakyat Indonesia secara bahu membahu mengatasi permasalahan dalam rangka mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia.

Selain itu kata dia, Peringatan hari kesetiakawanan sosial yang dipatenkan tiap tanggal 20 desember, memiliki makna sebagai ungkapan rasa syukur dan hormat atas keberhasilan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam berintegrasi, bersatu padu, dengan mengesampingkan perbedaan dan saling bahu membahu untuk menciptakan kesejahteraan sosial.

Wabup Bayu menjelaskan semangat bergotong royong harus diperjuangkan dan diubah menjadi semangat bersama dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu juga untuk membangun kesadaran kolektif tentang nilai kepekaan sosial terhadap sesama, untuk tujuan memperkuat kedaulatan sosial masyarakat.

“Mulai dari hal kecil, dari apa yang kita lakukan sedikit demi sedikit yang penting istiqomah mulai dari lingkungan keluarga, tetangga sampai diperluas diorganisasi berani peduli, berani peka, berani membuka kanal komunikasi antar lini ini ilmunya adalah ikhlas. Ada unsur pengabdian kalau di ASN itu pengabdianku adalah ibadahku,” kata Wabup.

Dalam acara tersebut, Wabup Bayu juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang sudah bersedia hadir dalam kegiatan sarasehan HKSN di Kabupaten Rembang. Orang nomor dua di Rembang itu berharap kegiatan HKSN kedepan agar terus dilaksanakan, karena kegiatan ini merupakan momentum dalam upaya untuk meneladani rasa persatuan bersama, menjalin silaturahmi antar sesama dan berbagai manfaat bagi masyarakat. (Rendi/Mifta)