Pepadi Akan Kembali Gelar Pagelaran Wayang Kulit,Kali Ini Dengan Lakon “Guwarso Guwarsi”

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Pagelaran wayangan rutin setiap Selasa Kliwon yang digelar Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Rembang akan kembali dihelat pada Selasa 9 Juli 2019 besok. Rencananya pagelaran wayang kulit tersebut akan mengangkat lakon “Guwarso Guwarsi”.

Seksi Pagelaran Wayang Pepadi Kabupaten Rembang Purwono mengatakan dalam pagelaran wayang tersebut akan menggunakan 2 dalang kakak beradik. Mereka adalah Ki Didik Suryono dan Totok Wuryanto Nyentrik dari Kecamatan Sumber.

Detik-Detik Gudang Rosok di Desa Tuyuhan Kecamatan Pancur Terbakar

Purwanto mengaku hari Selasa Kliwon dipilih dan disepakati bersama oleh Dalang-Dalang se Kabupaten Rembang karena bertepatan dengan hari weton orang nomor satu di Rembang.

“Sebetulnya beliau tidak menghendaki seperti itu, beliau bilang seumpomo pas seloso kliwon yo apik iku pas wetonku gitu. Akhirnya kita menyikapi itu ya sudah bagus,” terangnya saat dihubungi radio CBFM, Senin (8/7/2019).

Meskipun masih terkendala masalah publikasi Purwono berharap masyarakat bisa hadir untuk menikmati kesenian daerah tersebut. Karena salah satu tujuan pagelaran wayang tersebut dihelat adalah untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap seni budaya tradisi warisan budaya serta melestarikan warisan budaya khususnya wayang.

Pagelaran wayang dari Pepadi bisa disaksikan oleh seluruh warga masyarakat tanpa di pungut biaya, dengan Dalang Ki Didik Suryono dan Totok Wuryanto Nyentrik dengan lakon “Guwarso Giwarsi ” pada Selasa 9 Juli 2019 pukul 20.00 hingga selesai di depan Studio CBFM. Pagelaran wayang kulit tersebut juga disiarkan secara live melalui Radio 102.1 FM atau streaming online melalui www.cbfmrembang.com. ( Rendi / Mifta )