Pengurusan Kartu Identitas Anak Disarankan Kolektif dari Sekolah

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com Pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) anak, di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Rembang, gratis tanpa dipungut biaya. Dengan syarat pemohon mengurus sendiri ke kantor Dindukcapil Rembang di Jalan Pemuda Rembang, tanpa melalui calo.

Kepala Dindukcapil Rembang, Daenuri mengatakan pengurusan KIA supaya diurus secara kolektif oleh sekolah baik Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan harapan tidak mengganggu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) anak di sekolah.

DETIK-DETIK RUNTUHNYA KUBAH MASJID JAMI’DESA KARANGASEM KECAMATAN SEDAN

“Pemohon KTP anak bisa menghubungi secara langsung ke Dinas saya. Saya sarankan secara kolektif 1 sekolahan. Terus 1 sekolahan saya ketik semua. Setelah jadi, saya kirim ke sana atau diambil kepala sekolah atau gurunya. Bebas biaya. Jadi, satu sekolahan. Kalau perorangan, saya khawatir mengganggu KBM anak-anak. Jadi, saya sarankan 1 guru ke tempat saya minta formulir yang akan diisi. Sehingga 1 sekolah bisa tercetak semua,” imbuhnya.

Daenuri menerangkan sejak diberlakukannya KIA untuk anak usia di bawah 18 tahun, selama 6 bulan terhitung mulai bulan April hingga saat ini, Dindukcapil Kabupaten Rembang, telah menerbitkan 6.370 kartu.

Sedangkan 500 blangko KIA yang dikirim oleh Pemerintah Pusat, pada pekan ini, telah tercetak 350 lembar.(Masudi /Mifta)