Pengelolaan Alsintan Akan Dilombakan

oleh -64 views

REMBANG – cbfmrembang.com, Memasuki minggu terakhir bulan suci Ramadhan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang menyerahkan ratusan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada para petani Rembang di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan), Jum’at (31/5/2019) sore.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Rembang H. Abdul Hafidz beserta jajaran forkompinda yang hadir pada kesempatan itu.

SEPEDA SANTAI POLRES REMBANG, HUT BHAYANGKARA KE-73

Bupati Hafidz dalam sambutannya didepan para petani Rembang mengatakan, bantuan alsintan gratis ini harus dikelola menggunakan manajemen yang profesional dengan sistem uang sewa alsintan yang terjangkau. Dengan adanya uang sewa itu dimaksudkan bisa digunakan untuk biaya perawatan alsintan agar pemanfaatannya bisa secara terus-menerus.

Bupati berpesan jangan sampai para petani merasa terbebani dengan adanya uang sewa yang tinggi. Karena fungsi optimalisasi pemanfaatan bantuan alsintan ditujukan demi memajukan kelompok petani dalam rangka menekan biaya produksi.

“Kami tidak bisa mengintervensi, nanti kalo bisa menguntungkan dikelompok kami dari pemerintah tidak segan-segan untuk menambahnya. Kita lombakan siapa yang mampu memberikan kemajuan dikelompok nanti akan kita beri tambahan lagi,” ujar Bupati.

Bupati menambahkan, pemerintah sangat berupaya untuk mensejahterakan para petani melalui bantuan alat pertanian, pupuk dan pembangunan saluran irigasi yang diberikan secara gratis. Oleh karena itu jangan sampai ada oknum yang memanfaatkan bantuan ini demi memperoleh keuntungan pribadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Rembang (Dintanpan) Suratmin dalam laporannya mengatakan tujuan pemberian bantuan alsintan ini untuk mempercepat pengolahan lahan dalam skala luas dan menghemat biaya pengolahan serta meningkatkan mutu produksi petani. Bantuan yang diserahkan pada tahun ini meliputi Hand Traktor Rotary (alat gulud tembakau) berjumlah 20 unit, Kultivator (alat dangir tembakau) 80 unit, Handsprayer 480 unit, dan mesin rajang tembakau 43 unit.

Seluruh bantuan tersebut nantinya akan disebar di 12 kecamatan penghasil tembakau. (Rendi/Mifta)