Pemkab Rembang Peringati Hardiknas, Dengan Upacara

oleh -142 views

REMBANG – cbfmrembang.com, Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019, Pemkab Rembang menggelar upacara bendera di Alun-alun kota Kamis pagi (2/5/2019). Upacara diikuti oleh jajaran dinas Pendidikan, TNI Polri, Satpol PP, Dinhub, Mahasiswa, dan perwakilan siswa SD, SMP, dan beberapa siswa sekolah SMA sederajat.

Upacara ini dipimpin langsung oleh Bupati Rembang H Abdul Hafidz pada pukul 07.30 WIB. Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto serta jajaran kepala OPD terlihat ikut hadir dibangku kehormatan.

SEPEDA SANTAI POLRES REMBANG, HUT BHAYANGKARA KE-73

Dalam kesempatan itu, Bupati Rembang membacakan sambutan Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengatakan bahwa rangkaian acara gebyar Hardiknas sudah menjadi tradisi menahun. Selain itu, acara tersebut juga menjadi evaluasi bagi Kemendikbud di sektor pendidikan di Indonesia.

“Dengan adanya Hardiknas ini, bisa mendorong daerah dengan pendidikan dan kebudayaan agar terpacu demi masa depan Indonesia. Salah satunya ialah mengevaluasi apa yang belum dikerjakan dan membuat proyeksi untuk kedepannya,” Kata Bupati Rembang saat membacakan Sambutan Mendikbud

Lebih lanjut, Bupati membacakan, bahwa selama ini pemerintah telah fokus untuk membangun infrastuktur di sektor pendidikan. Sarana dan prasarana misalnya. Kini, untuk menyempurnakannya, pemerintah akan fokus ke pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Insfrastuktur dan SDM merupakan sarat untuk membawa Indonesia lebih maju lagi,” tuturnya.

Mengenai hal itu, Mendikbud menjelaskan ada sektor yang akan dibangun oleh pemerintah. Pembangunan karakter manusia dan keterampilan. Hal itu itu merupakan implementasi revolusi mental yang diusung pemerintahan saat ini.

“Dalam pembangunan SDM, kita perlu tingkatkan pembangunan karakter dan keterampilan. Ingat, karakter ialah pondasi dari manusia,” tutur Mendikbud.

Nantinya, untuk pembangunan karakter akan dimulai dari Pendidikan Usia Dini (PAUD) yang bakal diajarkan mengenai pengenalan pembiasaan. Lalu untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) akan menerapkan kebiasaan dan menguatkan kepribadian. ( Asmui / Mifta )