Pemadaman Listrik Kerap Dirasakan Masyarakat, Ini Jawaban PLN

oleh -

REMBANG – cbfmrrmbang.com, Pemadaman listrik bergilir kerap kali dirasakan di beberapa wilayah Kabupaten Rembang. Itu dilakukan pihak PLN guna meningkatkan pelayanan dan mutu kepada para pelanggan, meskipun kerap kali tindakan tersebut mengganggu aktifitas.

Belum lama ini PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Rembang telah mengeluarkan informasi pemadaman listrik disejumlah desa mulai dari Kecamatan Sale, Kecamatan Rembang, Kecamatan Kragan dan Kecamatan Kragan guna melakukan perluasan dan pemeliharaan jaringan. Pemadaman dilakukan pada tanggal 4, 5, 7, dan 10 November mulai pukul 10.00 dan 13.00 waktu setempat, berlangsung selama kurang lebih 3 jam.

Detik-Detik Gudang Rosok di Desa Tuyuhan Kecamatan Pancur Terbakar

Humas PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sucipto Arief Wibowo menerangkan pemadaman listrik terbagi menjadi 2, yaitu pemadaman terencana dan pemadaman tidak terencana. Pemadaman terencana seperti pemadaman bergilir dilakukan untuk pemeliharaan jaringan listrik ataupun perluasan jaringan. Khusus di wilayah Rembang yang posisinya berada di daerah pesisir tentu pemeliharaan harus rutin dilakukan karena jaringan listrik yang letaknya dekat dengan pantai rawan mengalami penggaraman.

Sedangkan pemadaman tidak terencana biasanya terjadi saat ada kerusakan jaringan listrik yang disebabkan adanya pohon yang tumbang karena hujan badai. Sucipto menegaskan pemadaman yang dilakukan untuk pemeliharaan jaringan tidak lebih dari pukul 18.00 WIB. Jika melebihi dari itu makan yang terjadi bukan pemeliharaan melainkan kerusakan pada Jaringan.

“Jaringan listrik itu tidak free maintenance, dia memerlukan suatu pemeliharaan. Apalagi jaringan listrik kita ini ada banyak yang dipinggir pantai di Rembang ini, ada yang namanya penggaraman dan itu harus dibersihkan, kalau tidak nanti muncul gangguan yang tidak diinginkan. Seperti adanya hujan badai dan pohon hujan maka harus kita lakukan pemadaman. Pemadaman dilakukan tujuannya untuk pengamanan,” terang Sucipto.

Demi upaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan saat ini PLN telah membentuk tim khusus Pengerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) yang bertugas untuk melakukan pemeliharaan jaringan tanpa pemadaman listrik.

Sehingga mereka dibekali peralatan khusus untuk melakukan pemeliharaan jaringan dalam keadaan tegangan listrik masih menyala. Namun demikian, keberadaan tim PDKB dalam setiap UP3 hanya tersedia 1 tim. Sehingga tim PDKB pada PLN UP3 Kudus nantinya dijadwalkan untuk berkeliling di 5 Kabupaten termasuk Rembang. ( Rendi / Mifta )