Pantau TPS di Desa Padat Penduduk, Sekda Minta Semua Pemilih Dilayani

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Rombongan Tim 3 monitoring pemilihan kepala desa (Pilkades) Pemkab Rembang menyasar disejumlah Desa di Kecamatan Lasem, Kecamatan Pancur, dan Kecamatan Pamotan. Rombongan yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rembang Subakti itu mengawali kegiatan monitoring di Tempat Pengambilan Suara (TPS) Desa Gedongmulyo Kecamatan Lasem, Rabu (6/11).

Dari pantauan di lapangan, situasi TPS Desa Gedongmulyo terlihat aman dan kondisional. Meskipun masyarakat yang datang harus berdesak desakan mengantri untuk menggunakan hak pilihnya. Sedangkan untuk di Desa Sumbergirang situasi agak sedikit memanas ketika salah satu tokoh masyarakat setempat dengan kondisi menggunakan kursi roda yang melihat padatnya antrian para warga merasa tidak nyaman dan waswas jika tidak bisa menggunakan hak suaranya mengingat sesuai jadwal pencoblosan ditutup pada pukul 14.00 WIB.

Detik-Detik Gudang Rosok di Desa Tuyuhan Kecamatan Pancur Terbakar

Menanggapi hal tersebut, Subakti saat ditemui seusai kegiatan monitoring di 3 kecamatan mengatakan semua warga tetap bisa menggunakan hak suaranya meskipun sudah lewat dari pukul 14.00. Dengan catatan semua kartu pemilih milik warga harus sudah terkumpul di panitia TPS. Setelah itu panitia akan melayani dengan memanggil satu persatu warga hingga selesai.

Dari seluruh TPS yang telah dikunjungi lanjut Subakti, semua terpantau aman, hanya saja teknis pelaksanaannya yang hanya menyediakan 1 akses pintu masuk bagi warga yang hendak melakukan pencoblosan dirasanya masih perlu dievaluasi dengan jumlah warga yang mencapai ribuan hingga mengakibatkan para warga berdosok-dosokan di area TPS.

“Tadi saya lihat ada desa yang tekniknya kurang pas, dari Gedongmulyo jumlah penduduk 3400 tapi pintu masuknya cuma satu itu pun akhirnya jadi berjubel termasuk juga di Desa Sumbergirang. Untuk di Pamotan sudah ok karena sudah terbiasa mereka membagi TPS menjadi 5 tempat. Sepanjang kartu panggilan sudah disampaikan kepada panitia coblosannya belum selesai ya harus ditunggu. Yang terpenting kartu undangan sudah disampaikan ke panitia tinggal nunggu giliran sampai selesai,” kata Subakti.

Dari pantauannya di sejumlah TPS, Desa Gegersimo Kecamatan Pamotan pada pukul 12.00 WIB, sudah ada 85% surat suara yang masuk. Dirinya meyakini semua pemungutan suara pada Desa-desa yang jumlah warganya mencapai ribuan bisa selesai pada pukul 15.00 waktu setempat. ( Rendi / Mifta )