Ombak Tinggi, Nelayan Rembang Dihimbau Tak Melaut

oleh -
foto istimewa

REMBANG – cbfmrembang.com, Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tasikagung Rembang mengeluarkan surat edaran himbauan agar para nelayan tidak melaut untuk sementara waktu.

Himbauan tersebut tertuang dalam surat edaran Kementerian Kelautan. Hal itu dilakukan, lantaran angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah laut Pantura Kabupaten Rembang.

Kasat Pol Air Polres Rembang Iptu Sukamto mengatakan, himbauan tersebut sudah dikeluarkan oleh otoritas terkait sejak 4 Januari 2020.

Ia menyatakan, belum tau sampai kapan himbauan tersebut akan dicabut. Mengingat, kondisi cuaca yang masih belum dapat diprediksi.

“Iya mas, memang himbauan tersebut sudah berlaku sejak tanggal 4 Januari 2020,” katanya melalui pesan singkat kepada cbfmrembang.com.

Sukamto menambahkan, saat ini ombak masih tergolong tinggi, sekitar 3 sampai 4 meter, yang dapat mengancam keselamatan para pelaut.

Ia membeberkan, sebagian banyak kapal nelayan masih terparkir di area dermaga pelabuhan. Sedangkan yang sudah terlanjur ditengah, sedang perjalanan pulang.

“Kalau obak tingginya sekitar 3 sampai 4 meter mas. Kami berharap nelayan bersabar sementara demi keselamatan,” himbau Sukamto.

Saat musim baratan seperti ini, dimanfaatkan nelayan untuk memperbaiki kerusakan kapal, dan juga alat tangkap. Mereka masih menunggu update terbaru perkembangan cuaca. ( Asmui / Mifta )