Ombak Besar Perahu Nelayan Tritunggal Hancur

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Ombak besar yang melandan kawasan pesisir Rembang belakangan ini mengakibatkan perahu milik warga desa Tritunggal karam. Perahu yang biasa digunakan untuk mencari ikan sehari-hari itu hancur ketika saling bertabrakan dengan perahu lainnya saat sandar di Pantai Nyamplung desa Tritunggal pada Senin 13 Januari sekitar pukul 20.30 WIB.

Suwardi, pemilik kapal yang hancur tersebut, menerangkan kronologi kejadian tersebut terjadi ketika dirinya bersama nelayan lain memantau lampu kapal yang saling berdekatan. Setelah dilihat menggunakan senter Suwardi mendapati kapal miliknya sudah tenggelam.

Setelah ia telusuri ternyata kapal miliknya dihantam oleh perahu yang diketahui milik Saipul yang juga merupakan warga setempat. Besarnya ombak ditengarai membuat tali pengikat jangkar putus dan menghantam Kapal milik Suwardi hingga hancur.

Setelah diketahui tenggelam, 15 warga yang berjaga sontak menuju lokasi dan bergotong royong untuk menarik kapal yang hancur hingga ke tepi pantai. Bagian depan kapal hancur mulai dari linggi buritan, papan, polangan, gading.

“Karena cuaca buruk ombak besar, ini hancur ketabrak perahu, perahu saya hancur dan perahu satunya tidak apa-apa karena masih baru. Sebelumnya tidak seperti ini, dan rencananya akan dibangun lagi,” terangnya.

Pria berusia 53 tahun itu memperkirakan kerugian yang dialaminya mencapai belasansan juta. Saat ini ia hanya menerima bantuan sebesar Rp. 200 ribu dari Koperasi Unit Desa (KUD) Tritunggal.

Suwaedi menambahkan selama tiga hari belakangan ini kawasan pesisir memang sedang dilanda ombak besar. Untuk mengantisipasi hal buruk yang menimpa kapal milik nelayan, warga berjaga semalaman di pos penitipan barang nelayan yang ada di tepi pantai. ( Rendi /Mifta )