Minat Berwirausaha Masyarakat Semakin Tinggi

oleh -197 views

REMBANG-cbfmrembang.com, Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Rembang menunjukkan tren positif. Jumlah UMKM di daerah ini terus mengalami peningkatan. Hal itu diyakini menjadi indikator pertumbuhan ekonomi di sektor mikro.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz mengatakan pesatnya pertumbuhan ekonomi di Rembang tidak terlepas dari peran UMKM di Rembang yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal tersebut sangat bagus, selain dapat meningkatkan perekonomian keluarga juga dapat membantu program pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan.

SEPEDA SANTAI POLRES REMBANG, HUT BHAYANGKARA KE-73

“Peningkatan UMKM tahun 2018 yang semula 29 ribu UMKM ada secara kuantitas naik sekitar 30 ribu lebih UMKM di Kabupaten Rembang. BPS kemarin merilis bahwa pertumbuhan ekonomi di Rembang ini 6,19% ini diatas nasional dan diatas provinsi. Nasional hanya 5,1% alhamdulillah kita bisa 6,19%,” tuturnya.

Kasi Pengembangan dan Pemberdayaan UKM Dinas Perindustrian Perdagangan dan UKM Kabupaten Rembang Kuswandi mengungkapkan, jumlah UMKM yang terdata secara resmi saat ini, tahun 2018 mencapai 39 ribu lebih. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi minat masyarakat untuk menjadi pelaku usaha.

“2017 itu 29632 sekarang naik jadi 39830 jumlah UKM kita, yang jelas mereka ingin mandiri dan mereka mencari pekerjaan sulit mereka melihat faktor itu terus melihat tetangga ada yang sukses berwirausaha kemudian ingin menirunya. Kami berupaya untuk membantu mereka dengan pelatihan dan fasilitasi permodalan, ” ujar Kuswandi.

Pemkab juga memiliki program pemberdayaan usaha mikro dan kecil melalui pemberian fasilitas Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT), termasuk fasilitasi label halal juga rutin dilakukan. (Rendi/Mifta)