Melalui Genre Ciptakan Remaja Berkualitas Untuk Masa Depan

oleh -245 views

REMBANG – cbfmrembang.com, Dalam upaya untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi para remaja dalam hal jenjang pendidikan yang terencana, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengembangkan program Generasi Remaja (Genre). Di Kabupaten Rembang organisasi Genre yang anggotanya didominasi kalangan remaja ini bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk melakukan sosialisasi terhadap anak-anak remaja.

Ketua Komunitas Genre Doni Irawan saat dihubungi mengatakan Genre memberikan fasilitas pada remaja agar terhindar dari bahaya narkoba, pendewasaan usia perkawinan dan sex bebas. Promosi penundaan usia kawin dengan mengutamakan sekolah dan berkarya. Dimana usia pernikahan pertama yang diinginkan dalam program Genre ini minimal adalah 21 tahun, selain itu memberitahu para remaja tentang anatomi sistem reproduksi manusia.

SEPEDA SANTAI POLRES REMBANG, HUT BHAYANGKARA KE-73

Ia menerangkan ada 5 hal dalam transisi remaja, diantaranya pendidikan, pekerjaan, mempersiapkan keluarga, gaya hidup sehat, dan bersosialisasi. Hal tersebut harus dipersiapkan karena diperkirakan pada tahun 2030 Indonesia akan mengalami Bonus demografi yang dimana jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) lebih banyak dibandingkan jumlah penduduk non produktif (usia di bawah 15 tahun dan di atas 65 tahun)

“Jadi untuk mengantisipasi hal tersebut pemerintah sangat mengupayakan remaja guna menghadapi bonus demografi. Sedangkan untuk tahun 2045 kita dihadapi dengan 100 tahun Indonesia merdeka atau tahun emas Indonesia yang dimana Indonesia tergolong menjadi negara maju,” terangnya.

Sebelum menyampaikan sosialisasi para anggota genre juga dibekali ilmu agar informasi yang mereka sampaikan dapat diterima dengan mudah oleh para remaja. Selain itu, komunitas yang berdiri pada Desember 2018 ini juga sebagai wadah untuk menampung aspirasi para remaja di Kabupaten Rembang.

“Sebelum penyampaian kami juga belajar terlebih dahulu, jadi ada pembelajaran khusus yang digunakan untuk menyebarluaskan Genre. Jadi masyarakat dapat menerima ” ujarnya.

Dirinya berharap Genre kedepan dapat selalu diterima oleh masyarakat khususnya para kaum remaja. Selain itu materi yang disampaikan juga dapat bermanfaat untuk menciptakan para remaja yang berkualitas dimasa depan. (Rendi/Mifta)