Lima Warga Logede Jalani Karantina

oleh -
Lima orang warga Desa Logede, Kecamatan Sumber menjalani karantina yang difasilitasi oleh Pemerintah Desa setempat

SUMBER – Lima orang warga Desa Logede, Kecamatan Sumber menjalani karantina yang difasilitasi oleh Pemerintah Desa setempat. Mereka merupakan para perantau yang baru pulang dari daerah pandemi, seperti DKI Jakarta dua orang, dari Surabaya, Palembang, dan Bali masing- masing satu orang. Status mereka adalah Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Pada Selasa sore (5/5/2020), salah seorang warga dinyatakan sudah selesai menjalani karantina selama 14 hari. Yang bersangkutan kemudian diperbolehkan pulang kembali bersama keluarga. Sedangkan empat orang lainnya harus menyelesaikan karantina sesuai protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah.

Kepala Desa setempat Sunawi mengatakan, sejak pemerintah Kabupaten Rembang mengumumkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) pihak desa langsung mengambil tindakan menyediakan tempat karantina bagi warga perantau yang kembali pulang ke desa.

Tempat karantina yang disiapkan adalah madrasah desa setempat yang dialihfungsikan sementara, sejak pemerintah mencanangkan program belajar dan bekerja dari rumah.

Ia menambahkan, di tempat karantina pihak desa menyediakan fasilitas tempat tidur yang memadai, serta jajanan ringan yang dapat digunakan untuk berbuka dan sahur para ODP.

“Kita sediakan jajanan ringan, seperti snack, kopi, berikut mesin untuk menghangatkan air,” kata Kepala Desa setempat.

Untuk makan, pihak keluarga dan desa selalu mengantarkan makanan, ketika waktu berbuka dan sahur tiba.

Di Desa Logede sendiri menyiapkan dua tempat karantina bagi warganya yang baru pulang merantau. Dua tempat tersebut disediakan banyak fasilitas yang dibutuhkan seperti yang paling krusial adalah MCK. Dua lokasi karantina tersebut diperkirakan mampu menampung 10 orang tentunya dengan mengedepankan protokol kesehatan dari pemerintah. (Asmui/Mifta)