Libur dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri ASN Diganti Akhir Tahun

oleh -

REMBANG – Hari libur Idul fitri di kalangan Aparatur Sipil Nagara (ASN) Kabupaten Rembang mengalami perubahan jadwal. Hal tersebut sesuai surat edaran Bupati nomor : 800/ 0930 /2020 tentang perubahan atas hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2020.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Rembang Suparmin mengatakan pada saat hari raya Idul Fitri ASN hanya diberi kesempatan libur dua hari yaitu pada tanggal 24 – 25 Mei 2020. Setelah itu para ASN akan masuk kerja seperti biasanya.

Hal itu juga berkorelasi dengan larangan mudik bagi para ASN selama pandemi corona saat ini. Sehingga ASN bisa kembali bekerja usai libur 2 hari saat lebaran. Namun demikian jatah libur dan cuti bersama tetap akan diberikan kepada ASN.

Pasalnya sesuai Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 yang telah diubah dengan peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2020 pelaksanaan cuti bersama tidak mengurangi hak cuti tahunan bagi ASN. Sebagai gantinya libur dan cuti bersama ASN diberikan pada tanggal 28-31 Desember 2029.

“Hari libur ASN sudah dirubah, artinya pada hari raya nanti, hari pertama dan ke dua tetap diberi libur. Tapi setelah itu tetap masuk kerja seperti biasanya. Jika ada yang masih tidak masuk itu menjadi tanggungjawab masing-masing OPD,” jelasnya.

Suparmin menambahkan, jika didapati ASN yang ijin untuk libur mudik, tindak lanjutnya akan diserahkan ke masing-masing OPD. Dirinya berharap pengaturan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2020 dapat meningkatkan etos kerja dan produktivitas kerja pegawai pada hari kerja efektif. (Rendi/Mifta)