KM Bagikan Kulit Jok, Masker, Dan Hand Sanitizer Kepada Tukang Becak

oleh -
Sekretaris Rembang Kicau Mania Dimas Totok

REMBANG – Sejumlah komunitas di Rembang mulai menunjukan aksi sosial terkait mewabahnya virus Covid-19. Salah satu komunitas yang telah menunjukan aksi sosial dengan membagikan hand sanitizer yaitu Rembang Kicau Mania (RKM).

Sekretaris Rembang Kicau Mania Dimas Totok, Kamis (2/4/2020) mengatakan kegiatan bagi-bagi hand sanitizer dengan sasaran sejumlah tukang becak telah dilakukan pada beberapa waktu lalu. Selain hand sanitizer, RKM juga mengganti kain jok becak dengan banner bertuliskan “Bersama Lawan Corona”.

Dirinya mengatakan, aksi sosial ini disasarkan pada tukang becak karena mereka keseharian bekerja di luar rumah dan berhadapan langsung dengan banyak penumpang. Tidak hanya penumpang dari Rembang sendiri, mereka juga melayani penumpang dari luar kota atau pemudik.

Kegiatan sosial yang dilakukan RKM merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap dua minggu sekali bahkan seminggu sekali. Tergantung jumlah anggota yang bisa meluangkan waktu kegiatan sosial tersebut.

“Yang kemarin itu ada 20 sampai 30 tukang becak yang kita beri kuli jok sama hand sanitizer. Kita mendatangi tukang-tukang becak, karena kita juga tidak boleh kumpul-kumpul untuk memberikan pada suatu acara. Kita memberikan tukang becak di terminal bus, di jalan Cokroaminoto, di perempatan jaini, dan di tugu lilin. Respon mereka sebagian ada yang senang sekali ada yang bingung juga. Mereka bilang ini untuk apa, namun kita jelaskan, kita beri edukasi dan mereka menerimanya,” jelasnya.

Dimas menambahkan, rencananya pada hari Minggu 5 April mendatang RKM kembali melakukan kegiatan sosial dengan sasaran yang sama. Berbeda dengan sebelumnya, tidak hanya jok becak dan hand sanitizer, RKM juga memberikan masker kain. (ss)