KH Ma’ruf Amin Dijadwalkan Akan Berziarah di Makam Pendiri NU di Rembang

oleh -

LASEM- Rencana kedatangan Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin di Kabupaten Rembang sudah mulai santer jadi perbincangan hangat masyarakat setempat, utamanya kalangan warga nahdliyin, hingga kalangan ibu-ibu di pasar.

Kabarnya, KH Ma’ruf Amin mulai tiba di kota garam mulai tangga 18 Maret untuk memenuhi sejumlah agenda dalam kunjungan kerjanya (Kunker).

Diantaranya, berziarah ke makam tiga tokoh Nahdlatul Ulama. Yakni, KH Ma’some Ahmad (Mbah Ma’soem), KH Cholil Masyhuri, dan KH Baidhowi abah dari KH Chamid Baidhowi, sekaligus ke makam Sayyid Abdurrahman atau biasa dikenal Mbah Sambu. Para tokoh ini, dimakamkan di kompleks masjid Jami’ Lasem.

Selain itu, Wapres juga akan menghadiri Munas dan Konbes Alim-ulama di Pondok Pesantren asuhan KH Maimoen Zubair di Al Anwar, Sarang, Rembang, Jawa Tengah, pada tanggal 19 Maret 2020.

Menurut KH Zaim Ahmad Ma’some (Gus Zaim), usai berziarah KH Ma’ruf Amin akan memenuhi undangan temu tokoh lintas agama, di Pondok Pesantren Kauman Lasem yang berlokasi di Desa Karangturi untuk memenuhi undangan Majlis Permusyawaratan Pengasuh Pesantren Indonesia (MP3I), sekaligus penandatangan prasasti dan peletakan batu pertama pembangunan STAI Al Hidayat di Lasem.

“Sebelum ke Sarang beliau akan berziarah ke Lasem, itu tiga pendiri NU. Setelah ziarah, kemudian akan ke pondok kami, untuk memenuhi undangan MP3I. kami juga sudah dihubungi sekretariat Wapres, dan ajudan juga,” kata KH Zaim Ahmad Ma’some (Gus Zaim).
Menurut Gus Zaim kampus tersebut akan memeiliki Program Sarjana, Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Ekonomi Syariah (ES). Usai peletakan dan penandatanganan prasasti, ditergetkan akan berlangsung program pembelajaran tahun ini. (Asmui/Mifta)