Kerja Nyata PKSM Bagikan Ribuan Bibit Pohon Gratis

oleh -

REMBANG – cbfmrembang.com, Kerja nyata Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) Kabupaten Rembang untuk menjaga kelestarian alam sampai detik ini terus dilakukan. Berbagai upaya penghijauan lahan dengan menanam pohon secara swadaya akan selalu dilakukan dengan mengajak seluruh elemen masyarakat.

Belum lama ini, PKSM menyerahkan 10.000 bibit pohon kepada puluhan Desa di Kecamatan Rembang untuk penghijauan lingkungan. Penyerahan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari pohon sedunia yang diperingati setiap tanggal 21 November sekaligus mendukung program Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah.

DETIK-DETIK RUNTUHNYA KUBAH MASJID JAMI’DESA KARANGASEM KECAMATAN SEDAN

Ketua Forum Komunikasi Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (FKPKSM) Kabupaten Rembang Jateng Budi Hargo Pudjono, melalui sekretarisnya Achmad Rifan mengatakan sejak tahun 2010 FKPKSM sudah terbentuk dan mendapatkan badan hukum dari KEMENKUMHAM pada tahun 2015,kegiatan yang di lakukan diantaranya membantu dan bersinergi bermitra bersama dengan kelompok tani hutan termasuk dari penyuluh kehutanan ASN dan Swasta.

Lanjutnya, penyerahan 10.000 bibit pohon secara gratis itu merupakan upaya untuk mengimplementasikan gerakan menanam pohon dan memantik kesadaran masyarakat untuk turut serta melastarikan alam. Untuk tahun ini, FKPKSM menyasar 22 desa yang ada di Kecamatan Rembang dengan fokus memanfaatkan lahan-lahan kosong yang ada disekitar rumah.

“Karena backgruond masing-masing Penyuluh kehutanan swadaya masyarakat rata-rata ketua kelompok tani atau orang-orang yang peduli lingkungan dan kondisi kehutanan yang ada di Rembang sehingga mereka melakukan pendampingan kelompok tani hutan maupun orang-orang yang ingin melakukan penghijauan dan reboisasi lahan dan hutan. Selain pendampingan juga diberikan bantuan bibit,” kata.

Dirinya menambahkan, melihat kondisi Kabupaten Rembang pada musim kemarau ini banyak terjadi kekeringan dirinya mengupayakan pemberian bibit tanaman yang ramah air seperti pohon aren, pohon beringin, pohon bungur, pohon gayam, dan tanaman picung. Ia berharap kesadaran masyarakat akan pentingnya menanam pohon untuk penghijauan dapat meningkat, dengan mengetahui manfaat dan cara menanam pohon, selanjutnya mereka akan bisa menanam pohon dengan kesadarannya sendiri. (Rendi /Mifta)