Kenalkan Lasem Melalui Foto Sejarah Lasem Tempo Dulu

oleh -

LASEM – cbfmrembang.com, Yayasan Lasem Kota Cagar Budaya (LKCB) mengadakan pameran foto sejarah tentang Lasem, Rabu (27/1). Bertempat di Pendopo Tejokusuma halaman Masjid Jami’ Lasem. Pameran akan berlangsung selama tujuh hari, mulai dari tanggal 27-3 Desember.

Ketua yayasan Lasem Kota Cagar Budaya (LKCB) Puji Darsono ( Dhalang Gondrong ) menjelaskan memang menarik sekali ketika melihat lebih jauh tentang lasem dan sejarahnya.

Sejarah tentang masuknya Islam di tanah jawa dan tokoh- tokoh Lasem, lasem terkenal sebagai kota toleransi dan pusat pengembangan pendidikan pensantren.

Namun jika dilihat, perkembangan Lasem sangat lambat sekali. Oleh sebab itu sudah sepantasnya sebagai warga Lasem, bisa mengangkat semua sejarah dan tokoh- tokoh lasem yang selama ini mulai ditinggalkan.

“Semoga malam ini menjadi penggebrak awal untuk dilanjutkan ke tahun-tahun kedepan agar tidak hanya memamerkan foto saja tetapi kita bisa berkunjung dan berbenah. Destinasi mana yang patut kita perbaiki dan kita angkat,” kata Puji Darsono

Sebanyak 150 foto sejarah tentang Lasem yang di pamerkan meliputi foto kerangka manusia austronesia 2500 th SM, situs megalitikum, patung kepala Buddha di Sriombo yang diperkirakan era Majapahit.

Tak ketinggalan foto candi Malad, Dewi Indu/Bhre Lasem di Desa Gowak, dan foto-foto masa peralihan Hindu Buddha ke Islam dan masa kolonial. (Rendi / Mifta)