Kemenag Rembang Segara Miliki Gedung Pelayanan Haji Terpadu

oleh -

REMBANG – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rembang segera membangun gedung haji yang direncanakan berada di belakang kantor Kemenag tahun 2020 ini. Gedung tersebut diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp. 2,9 miliar dari anggaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau dapat juga disebut Sukuk Negara.

Kepala Kemenag melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Zuhri mengatakan pembangunan gedung haji tersebut berguna untuk Pelayanan Terpadu Satu Pintu perihal Haji dan Umroh. Dimana masyarakat memerlukan pelayanan apa saja terkait Haji dan Umroh dapat dilakukan dengan menghubungi dan menerima layanan dari kantor tersebut.

Gedung haji tersebut rencananya akan dibuat dua lantai dengan luasan 10 x 20 meter. Untuk lantai 1 nantinya akan digunakan untuk Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaran Ibadan Haji (BPS-BPIH). Sehingga masyarakat tidak perlu melakukan stor uang ke bank di luar , cukup dilakukan di kantor Kemenag.

Pada bulan Maret ini, lanjut Zuhri pembangunan gedung haji masih dalam persiapan proses lelang. Dirinya memastikan pada bulan September mendatang pembangunan gedung haji sudah selesai dan bisa diresmikan.

“Saat ini masih proses persiapan lelang, diperkirakan bulan September sudah selesai pembangunannya dan diresmikan. Nanti bangunannya 2 lantai dan untuk Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaran Ibadan Haji (BPS-BPIH) nanti dibawah. Anggaran yang digunakan sekitar Rp. 2,9 miliar dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN),” jelasnya.

Dengan adanya Pelayanan Terpadu Satu Pintu tersebut, menurut Zuhri akan memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat Rembang terkait pelayanan Kantor Kementerian Agama. Ini salah satu bentuk Kementerian Agama Kabupaten Rembang secara istiqomah memegang prinsip untuk menjaga kebersamaan umat dengan semangat bersih dalam meningkatkan pelayanan publik. (ss)