Kemenag Ingatkan Khotib Dilarang Khutbah Berbau Kampanye

oleh -227 views
Kepala Kemenag Rembang saat ditemui wartawan

REMBANG – cbfmrembang.com, Kementerian Agama Kabupaten Rembang terus mengingatkan para pengurus masjid utamanya petugas khutbah jum’at untuk tidak mengunakan materi yang berbau politik untuk kampanye. Apalagi sampai mengarahkan memberikan dukungan kesalah satu caleg, Partai Politi, maupun Calon Pasangan presiden dan wakil presiden tertentu. Mengingat, tahun 2019 ini merupakan tahun dilaksanakannya pemilihan umum pada 17 April 2019 nanti.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Atho’illah Muslim tidak menampik, jika ada temua materi khutbah yang berbau dan bahkan menyinggung tentang pilihan Capres dan Cawapres tertentu. Oleh karena itu, ia berharap agar para khotib lebih bijak dalam penyampaian materi kutbah jum’at.

SEPEDA SANTAI POLRES REMBANG, HUT BHAYANGKARA KE-73

Agar tindakan tersebut tak terulang, ia mengaku akan mengumpulkan para ta’mir masjid se Kabupaten Rembang dalam waktu dekat ini.

“Yang nyerempet – nyerempet ada, namun bisa kita kondisikan tidak meluas. Kami ingatkan jangan ganggu batin umat dengan hal – hal seperti itu. Lebih baik cari materi yang menenangkan,“ kata Atho’illah kepada wartawan.

Sebagaimana masuk dalam larangan, masjid, dan tempat pendidikan merupakan area harus steril dari atribut, maupun aktifitas kampanye. Oleh karena itu, ia berharap masjid menjadi pemersatu, bukan sebaliknya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Rembang Totok Suparyanto mengakui memang pihaknya sering memantau aktifitas yang dilakukan ditempat – tempat ibadah. Hal itu untuk memastikan, tidak ada pelanggaran pemilu di dalamnya. ( Asmui / Mifta )