Kecamatan Sluke Dilanda Longsor Tiga Titik

oleh -
Ratusan relawan penanggulangan bencana bersama TNI – Polri dan ormas dikerahkan untuk membantu masyarakat membersihkan desa yang terjadi longsor.

SLUKE – Hujan lebat Rabu sore sampai malam menjadi berkah para petani karena sudah lama dinanti untuk bercocok tanam padi. Pasalnya hujan tersebut merata di penjuru Kabupaten Rembang. Namun berbeda dengan warga di wilayah perbukitan yang dihantui ketakutan akan kejadian longsor.

Seperti di Kecamatan Sluke, longsor terjadi di tiga desa Kamis pagi (20/02/2020). Desa yang terjadi longsor yakni, Desa Bendo, Desa Manggar, dan Desa Labuhan. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 35 juta. Rata-rata kejadian sekitar pukul 05.00 waktu setempat, hanya di Desa Bendo pada pukul 08.00 WIB.

Di Desa Bendo longsor terjadi disamping rumah Kardin, dengan ketinggian kurang lebih 4 meter dan panjang 5 meter. Lokasinya berada diwilayah RT 2 RW 3.

Sedangkan di Desa Manggar, longsor terjadi dibelakang rumah Sarmiatun. Lokasinya berada di kawasan RT 01 RW 03. Tebing yang longsor tingginya kurang lebih 3,5 meter dengan panjang mencapai 4 meter.

Untuk di Desa Labuhan termasuk yang terparah. Karena lokasinya di Madrasah Islamiah Mursidiah. Tanah yang longsor mencapai 4 meter, dengan panjang 15 meter. Diperkirakan ditempat ini mengalami kerugian matrial mencapai 30 juta. Longsor menutup jalan desa, kendaraan roda empat tidak dapat melintas.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Dearah (BPBD) setempat Pramujo mengatakan, sejak Rabu sore kawasan setempat dilanda hujan lebat yang berujung terjadinya longsor.

“Memang kemarin itu Rembang itu rata-rata hujan lebat utamanya di desa yang dilanda longsor mas. Kami menghimbau masyarakat setempat agar tetap waspada,”jelasnya.

Ratusan relawan penanggulangan bencana bersama TNI – Polri dan ormas dikerahkan untuk membantu masyarakat membersihkan desa yang terjadi longsor. Tak butuh waktu lama, longsor berhasil dibersihkan jalan yang tertutup kembali dapat dilalui kendaraan. (Asmui/Mifta)