Kapolda Jateng Baru Batal ke Rembang, Kabaharkam Sowan Mbah Moen

oleh -904 views

REMBANG – cbfmrembang.com, Kabar kedatangan Kapolda Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel ke Rembang dalam kunjungan kerja sebagai pejabat Polda Jawa Tengah yang baru akhirnya diundur.

Sedangkan yang datang pada hari Kamis (9/5/2019) kemarin ialah Kabaharkam Mabes Polri Irjen Pol Condro Kirono alias mantan Kapolda Jawa Tengah yang lama.

SEPEDA SANTAI POLRES REMBANG, HUT BHAYANGKARA KE-73

Irjen Pol Condro Kirono merupakan Kapolda Jateng yang dirotasi ke Mabes Polri, dan digantikan Kapolda Irjen Pol Rycko Amelza, yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akpol Lemdiklat Polri.

Condro Kirono ke Rembang dalam rangka bertemu dengan pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar Sarang KH Maimun Zubair.

Kabaharkam langsung terbang dari Semarang menuju Kecamatan Sarang Rembang.

Dalam kesempatan itu, terlihat Kapolres Rembang AKP Pungky Bhuana Santoso ikut mendampingi, bersama dengan Komandan Kodim 0720 Rembang.

Kepada Mbah Moen, Irjen Pol Condro Kirono menjelaskan maksud kedatangannya untuk menunjukkan kepada masyarakat kedekatan antara ulama dan aparat negara (umaro) untuk Indonesia damai dan makmur baldatun toyibatun warrobun ghofur.

Mbah Moen menyambut baik kunjungan Kabaharkam Polri dan rombongan. Ketua Majlis Syariah Partai Persatuan Pembangunan ini yakin kedamaian akan selalu hadir di Indonesia.

Mbah Moen menjelaskan, Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 yang bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan. Sementara pengumuman hasil Pemilu 2019 nanti pada tanggal 22 Mei 2019, juga bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan.

“Begitu banyak keberkahan di bulan Ramadhan. Insyaallah, kedamaian Indonesia akan hadir,” pesan Mbah Moen kepada Irjen Pol Condro Kirono.

Irjen Pol Condro Kirono mengaku takjub dengan tajamnya ingatan Mbah Moen di usia 90 tahun lebih itu. Mbah Moen lahir di Rembang bertepatan dengan hari lahirnya Sumpah Pemuda, yakni pada tanggal 28 Oktober 1928.

Di Ponpes Al-Anwar ini, selain buka puasa bersama para santri, Kabaharkam Polri juga melaksanakan sholat tarawih sekaligus pamitan kepada para santri. Hal ini dilakukan sebagai ungkapan terima kasih atas dukungan para santri saat dirinya menjabat Kapolda Jateng dari 2016 sampai 2019.

Menurut informasi Kunjungan kerja Kapolda Jawa Tengah yang baru diundur lantaran ia berada di Wonogiri untuk menjenguk Kasat Reskrim Polres Wonogiri yang dirawat di ICU rumah sakit Solo lantaran menjadi korban pengeroyokan saat melerai bentrokan dua kelompok massa. Kapolda mengintruksikan jajarannya para pelaku harus segera ditangkap.(Asmui / Mifta)