Kampanye Gemar Makan Ikan, Jadi Ladang Usaha Olahan Ikan

oleh -279 views

REMBANG-cbfmrembang.com, Dengan panjang garis pantai 63,5 km pasokan ikan laut di wilayah Rembang memang sangat berlimpah. Hal tersebut menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi masyarakat setempat yang tertarik menjadikan ikan sebagai bahan utama usaha kuliner.

Seperti yang dilakukan oleh Erlina Restu Winarsih dari Desa Magersari Kecamatan Rembang. Dengan olahan Nugget Ikan andalannya, dirinya bersama kakaknya berhasil membranding olahan ikan miliknya dengan nama Mina Food.

SEPEDA SANTAI POLRES REMBANG, HUT BHAYANGKARA KE-73

Erlina mengaku, usaha olahan ikan yang dijalankannya pertama kali dirintis oleh sang kakak pada tahun 2006. Kemudian dirinya melanjutkan usaha kakaknya pada tahun 2012.

Didasari dengan ilmu perikanan kedua bersaudara ini percaya diri jika ikan hasil olahannya dapat diterima dilidah masyarakat. Ditambah minimnya pengolahan hasil ikan pada tahun 2006, masyarakat rupanya tertarik untuk mencoba mengkonsumsi ikan dalam bentuk olahan yang praktis.

“Dilihat dari sumberdaya di Rembang ini banyak ikan untuk mengganti bahan baku daging atau ayam. Ikan waktu tahun 2006 belum banyak di proses menjadi olahan yang modern seperti nugget atau bakso. Dulu kebanyakan masih olahan kering seperti ikan asin,” beber Erlina saat ditemui di Outlet Mina Food

Usaha yang dijalaninya sekarang sudah memiliki 20 varian olahan ikan. Dengan kisaran harga Rp. 20.000 hingga Rp. 25.000 untuk harga lokal daerah.

Dalam sehari dirinya bisa menghabiskan ikan sebanyak 25 kg sekali produksi. Untuk kualitas premium 10 kg ikan bisa menghasilkan 100 bungkus dengan kemasan 250 gram. Ikan yang diolah menggunakan ikan Barakuda karena ia beranggapan dari rasa yang dihasilkan lebih mantab ketimbang menggunakan ikan yang lainnya.

“Produk kita sudah Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk olahan nuggetnya. Jadi aman untuk sertifikasinya,” ungkapnya.

Saat ini produk hasil olahannya sudah merambah hampir diseluruh wilayah Jawa Tengah. Kampanye gemar makan ikan tidak hanya mengubah pilihan dalam berkonsumsi. Tetapi juga telah membuka ladang bisnis baru bagi mereka yang mau berkreasi dengan olahan ikan.(Rendi/Mifta)