Kabar Duka Datang dari Makkah, Satu Jamaah Haji Rembang Wafat

oleh -5.805 views
Lokasi Masjidil Haram Makkah (foto : nu online)

MAKKAH – cbfmrembang.com, Kabar duka datang dari Makkah Arab Saudi. Seorang jamaah haji asal Kabupaten Rembang meninggal dunia pada hari Minggu (18/8/2019) sekitar pukul 09.00 waktu Arab Saudi.

Jamaah haji tersebut bernama H Shodiq Muin (77) warga Desa Panohan Kecamatan Gunem. Alamarhum berangkat menunaikan rukun islam kelima bersama istrinya bernama Fatimah (74).

SWALAYAN PANTES DI KECAMATAN LASEM REMBANG TERBAKAR

Mereka terdaftar dalam kelompok terbang (Kloter) 56 yang berangkat lebih awal dibandingkan Kloter yang lain. Dan bergabung dalam bimbingan Manasik Haji Al Ibriz.

Baca: Ini Jadwal Pulang Jamaah Haji Kabupaten Rembang

Ketua rombongan 06 Rumijan mengatakan, almarhum sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Annur Arab Saudi selama 6 hari usai menjalankan wukuf, menginap di Muzdalifah dan Mina.

Rumijan merupakan jamaah haji dari Kecamatan Gunem, yang kebetulan masih ada hubungan kerabat dengan almarhum H Shodiq Muin.

“Malam ini mas nanti jamaah Al Ibriz setelah Isya’ kita akan mengadakan do’a dan tahlilan yang ditujukan kepada Mbah H Shodiq Muin. Tahlil dan do’a akan digelar di lantai 7 hotel Makkah Al Kiswah Tower 2,” kata Rumijan.

Rencananya, jenazah akan dimakamkan di salah satu tempat pemakaman umum di Makkah setelah shalat zuhur. Berdasarkan informasi, H Shodiq memang sudah menderita sakit sejak berangkat dari Rembang. Sehingga yang bersangkutan masuk dalam daftar jamaah haji Lansia yang beresiko tinggi (Risti).

Secara keseluruhan jumlah jamaah haji asal Kabupaten Rembang yang berangkat ke tanah suci adalah 608 orang, dan 14 pendamping haji. Mereka tergabung dalam tiga Kloter.

Kloter 56 berangkat pada 22 Juli sekitar pukul 19.20 WIB, mereka berjumlah 229 orang jamaah haji dari Rembang, dan 126 orang lainnya dari Kabupaten Blora.

Sedangkan kloter 57 berangkatka dari Solo pada 24 Juli sekitar pukul 02.20 dini hari, dengan jumlah jamaah haji 355 orang, semuanya asal Kabupaten Rembang.

Untuk kloter 58 terdiri 30 orang calon jamaah asal Kabupaten Rembang, dan 325 Calhaj dari Kabupaten Pati. ( Asmui / Mifta )